Di beberapa budaya, menstruasi dianggap sebagai hal yang negatif dan masih tabu untuk dibicarakan. Namun, hal ini lantas tidak boleh membuatmu ragu untuk mencari tahu seputar haid yang dialami oleh para wanita ya! Menstruasi atau haid merupakan hal alami yang terjadi pada tubuh wanita, dimana dinding rahim akan meluruh akibat sel telur yang tidak dibuahi. Proses inipun menyebabkan keluarnya darah melalui organ kewanitaan.

Hal yang terdengar mengerikan ini nyatanya juga masih banyak diakaitkan dengan kepercayaan-kepercayaan aneh. Mitos atau fakta ya? Jangan sampai salah info, ini dia 4 hal seputar menstruasi yang perlu kamu pahami!


Mitos: Tidak boleh berolahraga saat haid
Fakta: Olahraga saat haid? Kenapa enggak!


Menstruasi seringkali disamakan dengan sakit, dimana wanita tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas berat dan sebaiknya beristirahat selama haid. Benar atau salah? Salah! Menstruasi bukan merupakan penyakit atau kelainan, dan tidak ada alasan untuk kamu tidak beraktivitas seperti biasa selama masa haid.

Kamu bisa tetap bekerja, sekolah, jalan-jalan, dan bahkan olahraga jika memang mau! Bahkan faktanya, olahraga teratur dan ringan selama menstruasi bisa membantu mengurangi nyeri yang dirasakan lho!

source: https://www.pexels.com/u/burst/


Mitos: Jangan keramas saat haid karena nanti bisa masuk angin
Fakta: Boleh kok keramas saat haid! Mau rambutmu lepek hingga seminggu? Enggak kan?


Mitos satu ini juga sering dikaitkan dengan kondisi kesehatan tubuh saat haid. Ladies, satu hal yang perlu kamu ingat yaitu tubuhmu berfungsi secara normal walaupun sedang haid alias kamu tidak sakit dan tidak perlu khawatir untuk mandi atau keramas. Jangan sampai kamu rela rambutmu berminyak dan lepek hanya karena percaya mitos yang salah ya!

source: https://www.pexels.com/u/pixabay/
baca juga


Mitos: Kalau siklus menstruasi belum tetap, berarti hormon belum seimbang
Fakta: Siklus menstruasi memang bisa berubah-ubah lho!


Umumnya, wanita mengalami haid selama sebulan sekali dengan siklus tiap 21--35 hari. Kamupun tidak perlu takut apabila menstruasimu tidak datang di tanggal yang sama setiap bulannya, karena ha tersebut sangatlah normal. Namun apabila kamu mengalami pendarahan tak wajar atau tidak mengalami haid selama berbulan-bulan lamanya, jangan sungkan untuk berkonsultasi ke dokter ya!

source: https://www.pexels.com/u/olly/


Mitos: Marah-marah karena lagi PMS? Ah alesan aja!
Fakta: PMS itu nyata dan ternyata dipengaruhi oleh hormon


Tak perlu baper apabila temanmu sedang emosi berat saat PMS. Karena ternyata pre-menstrual syndrome atau PMS itu benar-benar ada dan dialami oleh sebagian besar wanita. Walaupun dokter belum bisa memastikan secara pasti penyebabnya, namun PMS banyak dikaitkan dengan perubahan hormon, perubahan zat kimia di otak, hingga faktor emosional yang kamu alami. Kamu suka mengalami gejala PMS seperti bad mood atau nyeri di perut enggak nih, Ladies?

source: https://www.pexels.com/u/gratisography/