Beberapa beauty enthusiast memang memasukkan masker sheet dalam ritual kecantikan mereka. Bahkan ada yang mengaku memakai sheet mask tersebut setiap hari tanpa timbul suatu reaksi seperti breakout dan lainnya. Nah, apakah sheet mask aman dipakai setiap hari?

source: https://id.pinterest.com


 

Pros


Sheet mask yang merupakan masker sekali pakai ini terbuat dari microfiber atau hydrogel. Di dalam masker wajah ini, sudah terkandung essences dan serum yang akan membantu mencerahkan serta menghidrasi kulitmu. Tujuan dari sheet mask adalah membiarkan kulitmu menyerap lebih banyak serum dan essence dalam waktu yang cukup singkat, yakni sekitar 15 hingga 20 menit. Sudah banyak orang mencoba memakai masker ini setiap hari dan hasilnya kulit mereka jadi lebih cantik dan sehat. Formula masker wajah ini yang melembabkan juga tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak akan timbul breakout. Dibanding masker wajah alami lainnya, sheet mask cukup murah dan praktis baik saat pemakaian maupun saat dibawa travelling.

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Cons


Meski banyak keuntungan yang kamu dapatkan dari sebuah masker sheet, ada juga yang berpendapat sebaliknya, lho! Menurut salah satu pakar kecantikan Korea, sebaiknya sheet mask tidak digunakan setiap hari. Masker wajah berbentuk topeng tersebut tenyata mengandung pewangi buatan dan pengawet yang akan mengiritasi kulit, terutama kulit yang sensitif terhadap fragrance. Hal yang ditakutkan jika kamu menggunakan masker tersebut setiap hari adalah timbulnya alergi pada kulit wajah serta memberi dampak negatif lain bagi kulit kamu.
source: https://id.pinterest.com/

Sebaiknya gunakan sheet mask sesuai saran penggunaan yang tertera di belakang kemasan produk seperti 2-3 seminggu. Namun, biasakan untuk selalu membawa petunjuk penggunakan yang ada di belakang kemasan sheet mask, ya, ladies! Setiap produk masker memiliki aturan pemakaian yang berbeda.

Begitu juga dengan saran penggunaan yang tentunya sudah diperhitungkan oleh pakar atau ilmuwan sebagai range waktu penggunaan yang aman untuk meminimalisir iritasi atau dampak negatif. Nah, dalam spare waktu tersebut, kamu bisa merawat kulitmu dengan masker wajah alami yang lainnya.

Kesimpulannya, kembali lagi ke kondisi kulitmu. Apakah kamu membutuhkan sheet mask ini setiap hari dalam skincare routine-mu. Jika kulitmu dehidrasi dan butuh kelembaban lebih, maka kamu bisa menggunakan masker ini setiap hari. Namun, jika kulitmu termasuk kulit sensitif, sebaiknya gunakan sheet mask sesuai dengan petunjuk penggunaan di kemasan.