Kulit Sunburn atau Suntan?

Coba ingat-ingat lagi saat Minasan baru saja pulang liburan dari Bali. Setelah berjemur seharian di Pantai Kuta, apakah kulit Minasan berubah jadi kemerah-merahan dan terasa agak perih esok harinya? Kalau iya, berarti kamu termasuk kulit sunburn.
source: http://www.stylelist.com/view/the-best-and-easiest-at-home-remedies-for-sunburn/
Tapi kalau kulit Minasan tidak mengalami perubahan seperti pada fase kemerah-merahan dan saat disadari kulitnya langsung berubah menjadi gelap, berarti kamu adalah tipe kulit suntan.
source: http://www.makeupandbeautyhome.com/2013/09/lighten-skin-getting-tanned.html

Tentang Kulit Sunburn

Warna kulit yang berubah jadi merah pada tipe sunburn ini akan sama kondisinya dengan kulit yang terkena luka bakar. Rasanya panas dan perih ketika disentuh. Mengapa bisa begitu?
source: http://youqueen.com/beauty/skin-care/surefire-ways-to-get-rid-of-sunburn-fast/
Hal ini disebabkan karena jumlah pigmen melanin yang dapat melindungi kulit sedikit jumlahnya. Walaupun kulit tidak berubah menjadi gelap setelah terbakar, sebenarnya kulit tipe ini mengalami kerusakan yang lebih serius dibandingkan kulit tipe suntan.
source: http://antiaging-witch.com/face/1888/

Perawatan Kulit Sunburn

Karena kulit jenis ini dapat mengalami kerusakan yang lebih parah, sebisa mungkin lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunblock. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Gunakan juga payung, topi dan baju berlengan panjang jika diperlukan. Lalu bagaimana jika kulit terlanjur terbakar?
source: http://blog.doctoroz.com/oz-experts/6-ways-to-soothe-sunburn
Dinginkan bagian kulit yang terbakar untuk mengurangi inflamasi. Jika sudah tak terasa sakit, oles kulit yang terbakar dengan krim pelembab. Untuk bagian wajah, sebisa mungkin gunakan toner yang tidak terlalu keras reaksinya pada kulit. Hindari penggunaan produk pemutih saat keadaan kulit masih merah karena mengandung banyak komponen yang bereaksi kuat pada kulit. Gunakanlah setelah kulit tidak lagi memerah dan tidak terasa perih.
source: http://antiaging-witch.com/face/1888/
Tubuh bisa kekurangan cairan setelah kulit terbakar matahari yang dapat menyebabkan kelelahan, pusing dan mual. Minumlah air secukupnya untuk mengembalikan cairan tubuh.
source: http://blog.doctoroz.com/oz-experts/6-ways-to-soothe-sunburn
Minasan juga bisa menggunakan gel yang terbuat dari lidah buaya untuk mendinginkan kulit yang terasa perih, atau soothing oil untuk mengurangi inflamasi pada kulit.

Tentang Kulit Suntan

Kulit jenis suntan berubah menjadi gelap karena pigmen melanin yang diproduksi setelah kulit terkena pancaran sinar ultraviolet. Kulit umumnya tidak berubah menjadi merah dan tidak terasa sakit. Biasanya warna kulit akan menghitam setelah 3 hari.
source: http://www.cocoatanning.ca/spray-tan-2015/
Selain melanogenesis, pigmen melanin dapat diproduksi oleh kerusakan DNA dari radiasi ultraviolet (UV). Proses ini paling sering disebabkan oleh berjemur, yang melibatkan penggelapan kulit, biasanya dengan sinar ultraviolet matahari atau kamar tanning.
source: http://www.sridianti.com/apa-itu-pigmen-melanin-dan-jenis.html

Perawatan Kulit Suntan

Lalu bagaimana cara merawat kulit tipe suntan serta melindungi agar tidak makin menghitam?
source: http://wooris.jp/archives/95866
Kulit tipe suntan mudah menjadi gelap jika terkena sinar ultraviolet, berarti Minasan harus melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Walaupun hanya keluar rumah sebentar, usahakan untuk memakai lotion yang dapat menangkal sinar ultraviolet. Penting pula untuk memakai lotion yang mengandung pemutih sebelum memakai sunblock untuk menekan produksi melanin.
source: http://antiaging-witch.com/face/1888/
Seiring dengan proses metabolisme tubuh, melanin yang berlebihan akan dikeluarkan oleh tubuh nantinya, namun jika metabolisme tubuh buruk melanin itu akan tetap tinggal di dalam kulit dan meninggalkan bekas hitam. Lebih baik rangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru pada area ini dengan peeling setelah keadaan kulit kembali normal.
source: http://mery.jp/117436
Jangan lupa untuk selalu oleskan sunblock sebelum keluar rumah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet!