Cara menghilangkan komedo dan sel kulit mati sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu melakukan eksfoliasi secara rutin dengan produk yang tepat. Mencari produk eksfoliasi yang tepat butuh disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit. Apakah kulitmu berminyak dan memiliki banyak komedo hitam, atau kering dan banyak sel kulit mati yang membuat kulitmu menjadi kusam? Cari tahu kebutuhanmu disini!


Tentang AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA merupakan asam (acid) yang diambil dari bahan alami, seperti tebu, susu, dan anggur. AHA bekerja dengan cara melelehkan “lem” yang membuat sel kulit mati menempel pada kulit. Asam ini bekerja di permukaan kulit dan bersifat mudah larut dalam air. AHA juga cocok untuk menghilangkan komedo putih atau whiteheads.Salah satu perbedaan cara kerja AHA dari BHA, yaitu AHA tidak bisa bekerja hingga ke dalam kulit seperti BHA.

source: http://yanrula.blogspot.co.id



Tentang BHA (Beta Hydroxy Acid)

BHA merupakan kependekan dari Beta Hydroxy Acid. Kebalikan dari AHA, BHA adalah asam yang mudah larut dalam minyak. BHA juga mengandung anti-inflamasi dan anti bakteri alami, serta bekerja hingga ke dalam permukaan kulit. Karenanya, BHA bisa masuk dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Karena itu, BHA umumnya lebih ampuh menghilangkan komedo membandel pada pori-pori.

source: http://www.sugarmew.com
baca juga



Kebutuhan Masing-masing Jenis Kulit

Dengan cara kerja yang berbeda, AHA dan BHA pun ditujukan untuk jenis kulit yang berbeda pula. Penggunaan AHA lebih ditujukan untuk pemilik kulit kering yang rusak akibat sinar matahari, karena AHA bekerja di permukaan kulit dan bisa meningkatkan kadar air pada kulit.
Sebaliknya, BHA cocok untuk pemilik kulit berminyak, rentan berjerawat (acne prone), kulit dengan komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads). DIbanding AHA, BHA biasanya lebih cocok untuk pemilik masalah kulit kemerahan atau rosacea. Tapi tidak semua kulit dengan rosacea bisa bereaksi baik dengan produk exfoliant, karena itu disarankan untuk selalu melakukan patch test sebelum memakai produk skincare.

source: https://www.allkpop.com