Jika tidak diatur dengan sedemikian rupa, penggunaan media sosial bisa menjadi bumerang dan malah disalahgunakan atau memberikan dampak negatif. Karena itu, banyak media sosial yang memberlakukan aturan sendiri di platform-nya, termasuk Instagram. Media sosial untuk membagikan foto ini ternyata memblokir beberapa penggunaan hashtag yang dirasa tidak pantas. Hashtag sebenarnya bisa membantu fotomu untuk tersebar dan muncul di halaman “explore”, tapi jika kamu menggunakan hashtag yang diblokir oleh Instagram, jangan harap kamu bisa menjadi terkenal seperti selebgram karena fotomu tidak akan muncul dan bisa dilihat oleh pengguna lain.

Kamu yang aktif ngeksis di Instagram sebaiknya juga mengetahui beberapa hal terkait pemblokiran hashtag ini:

  • Beberapa hashtag mungkin hanya diblokir untuk sementara waktu atau selamanya.
  • Akun yang kerap memposting foto dengan hashtag yang diblokir kemungkinan akan diblokir juga oleh Instagram.
  • Foto yang menggunakan hashtag terblokir tidak akan muncul di kolom pencarian.
  • Ketahui dulu apakah hashtag yang akan kamu pakai diblokir atau tidak.
source: https://unsplash.com/@rawpixel


Cara Mengetahui Hashtag yang Diblokir

Hashtag pada Instagram sebenarnya membantu membuat kontenmu menjadi relevan. Misalnya ketika kamu memposting foto dengan hashtag #friends, fotomu akan masuk ketika kamu meng-klik atau mencari hashtag serupa di kolom pencarian. Normalnya, ketika kamu mencari suatu hashtag, foto-foto yang dilengkapi dengan hashtag tersebut akan muncul dan bisa kamu lihat satu per satu. Namun, hashtag yang diblokir tidak akan menunjukkan satupun foto yang memuat hashtag tersebut.

source: https://www.instagram.com/
baca juga


Cara mudahnya, kamu bisa buka halaman “explore” di Instagram dan ketik hashtag yang ingin kamu cari. Biasanya, akan muncul pilihan beberapa hashtag yang relevan dengan jumlah postingan yang ada. Jangan hanya mengecek sampai disini ya, Ladies, kamu perlu meng-klik hashtag yang kamu cari dan jika ternyata tidak ada satupun foto yang muncul, maka itu berarti hashtag tersebut diblokir oleh Instagram.


Ini Daftar Hashtag yang Diblokir!

Seperti yang dilansir dari The Preview App, saat ini diperkirakan ada 100.000 lebih hashtag Instagram yang diblokir. Sebagai panduan singkat, ini dia beberapa hashtag yang ternyata diblokir oleh Instagram:

  • Hashtag yang Berhubungan dengan Konten Seksual: #adultlife #kissing #lingerie #thighs #undies
  • Hashtag yang Mengandung Kata Kasar: #wtf #shit
  • Hashtag “normal” yang ternyata juga diblokir:: #desk #brain #ig #newyearsday #skype #happythanksgiving
     
source: https://thepreviewapp.com
baca juga
source: https://thepreviewapp.com
source: https://thepreviewapp.com


Ingat, pemblokiran hashtag ini berlaku untuk semua akun lho ya, termasuk akun Instagram artis, orang populer, dan juga selebgram. Makanya nih kalau kamu mau eksis di Instagram, pastikan kamu menghindari penggunaan hashtag-hashtag ini agar kontenmu bisa menjadi viral dan akunmu tidak diblokir!