Kehadiran media sosial memang membuat komunikasi menjadi semakin mudah, bukan hanya untuk kepentingan pribadi, melainkan juga untuk kepentingan bisnis. Salah satu media sosial yang bisa kau manfaatkan untuk promosi bisnis yaitu Instagram. Beberapa orang yang populer di Instagram, atau yang biasa dikenal dengan istilah selebgram, bisa lho kamu ajak kerjasama untuk mendukung bisnismu, baik itu dengan cara endorse ataupun promosi berbayar (paid promote). Jika dilakukan dengan tepat, menjadikan Instagram artis sebagai media promosi bisa menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan potensi bisnis. Bagaimana kiat-kiat dan tips untuk bekerjasama dengan para selebgram? Ini dia hal yang perlu kamu ketahui!


Ketahui Jenis Konten dan Followers Selebgram

Terdengar rumit, namun tips pertama ini adalah tips paling dasar yang penting untuk kamu ketahui. Hasil kerjasama bisnismu bisa sangat bergantung dengan seberapa tepat kamu memilih selebgram untuk diajak bekerja sama. Bukan hanya melihat jumlah followers, tapi kamu juga harus paham betul latar belakang, jenis konten, dan demografi followers di Instagram si selebgram.

Contohnya, ketika kamu memiliki bisnis makanan, tentunya kamu ingin bekerjasama dengan selebgram yang juga memiliki konten di bidang kuliner, seperti food blogger misalnya. Lain lagi jika kamu memiliki bisnis di bidang fashion, akan jauh lebih cocok apabila kamu bekerjasama dengan fashion blogger dibandingkan food blogger.

source: https://unsplash.com/@eaterscollective


Coba Untuk Bernegosiasi

Biaya yang dipatok para selebgram memang bervariasi, mulai dari ratusan ribu higga jutaan rupiah per foto. Nah, bagaimana jika harga yang diberikan ternyata masih diluar anggaran bisnismu? Kamu bisa lho coba bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Agar peluang negosiasimu berhasil, kamu bisa menawarkan harga untuk beberapa post sekaligus atau mengurangi bayaran dengan harga barang. Kurangi penawaranmu harga barang yang akan kamu berikan ke endorser. Misalnya, jika 1 foto memiliki harga 1 juta, kamu bisa menawar untuk 5 foto sekaligus di harga 4 juta, atau kurangi 1 juta dengan harga produk yang ingin kamu kirimkan untuk di endorse.

source: https://unsplash.com/@sharonmccutcheon
baca juga


Ukur Keberhasilan Promosimu

Setelah membayar dan produkmu berhasil dipasarkan, yang perlu kamu lakukan selanjutnya yaitu mengawasi dan mengukur keberhasilan promosimu. Caranya sangat mudah, kamu bisa menghitung kenaikan jumlah followers, peningkatan penjualan, ataupun kenaikan jumlah pengunjung ke website tokomu. Hal ini bisa membantumu melakukan evaluasi terkait selebgram mana yang efektif dan mana yang tidak. Jika diperlukan, kamu bisa melakukan kerjasama lain dengan endorser yang mensukseskan promosi-mu.

source: https://unsplash.com/@neonbrand