Tergantung Jumlah Followers


Instagram memang jadi lahan bisnis. Selain wadah untuk mengunggah foto, Instagram juga menjadi lapak berdagang. Kamu akan menemukan banyak akun online shop lengkap dengan foto katalog barang-barang mereka yang dibuat sekreatif dan sebagus mungkin. Nah, untuk memasarkan barang dagangan, online shop rela membayar selebgram untuk membantu mempromosikan barang mereka.

Tarifnya tentu beragam, tergantung dari jumlah followers di Instagram sang selebgram. Para selebgram yang baru merintis dengan followers berkisar di bawah 50 ribu rata-rata dalam sebulan akan menghasilkan sekitar Rp 1 Juta. Sedangkan selebgram dengan jumlah followers lebih dari 100 ribu bisa menghasilkan minimal Rp 4 Juta dalam sebulan dari endorsement
source: https://kumparan.com


 

Beda dengan Instagram Artis


Tentunya, penghasilan endorsement para selebgram yang bukan berasal dari kalangan artis berbeda dengan penghasilan para artis yang menjadikan Instagram mereka sebagai tempat promosi atau endorsement produk-produk online shop.

Online shop yang ingin produk mereka 'mejeng' di Instagram artis harus membayar lebih mahal, rata-rata Rp 8 juta untuk satu kali endorse. Tentunya tarif yang ditetapkan masing-masing artis berbeda. Instagram artis yang diikuti lebih dari 1 juta akun bisa meraup keuntungan sebanyak Rp 20 juta-an, lho!

source: https://today.line.me/


 

baca juga

Lalu, Siapa Selebgram dengan Tarif Endorse Tertinggi?


Setelah gambaran rata-rata tarif endorse dan pendapatan para selebgram tiap bulannya, pastinya akan muncul pertanyaan: Siapa selebgram dengan bayaran endorse paling tinggi?

Nah, sejauh ini, Ria Ricis meraup keuntungan banyak banget dari Instagram, lho! Sebagai seorang selebgram, akun Instagramnya telah diikuti sebanyak 8,2 juta akun. Dengan followers sebanyak itu, dirinya mematok tarif endorse sekitar Rp 4-5 juta untuk satu kali endorse. Bukan hanya dari Instagram, Ria Ricis juga meraup keuntungan dari channel Youtube. Dirinya bahkan menjadi Youtuber wanita pertama di Indonesia yang mendapat golden play button dari Youtube. Penghasilan per bulan Ria Ricis dari Instagram dan Youtube bisa mencapai Rp 70 juta, lho! 
source: https://media.iyaa.com

Selain Ria Ricis, ada Karin Novilda yang mengelola akun Instagram @awkarin. Selebgram fenomenal satu ini memang sudah terkenal sejak tahun 2015 lalu. Berbeda dengan Ria Ricis yang menyediakan konten video-video lucu nan kreatif di akun Instagramnya, Karin Novilda justru menonjolkan gaya hidup seorang remaja 'kekinian'. Akunnya hingga saat ini telah diikuti sebanyak 2,9 juta orang.

Awkarin kini mematok tarif endorse mulai dari Rp 1 Juta. Pada Agustus 2016 lalu, penghasilan rata-rata dari endorse Instagramnya ditaksir mencapai angka Rp 150 juta per bulan. Ditambah penghasilan dari channel Youtube-nya serta kegiatan offline-nya yang banyak banget, julah penghasilannya bisa mencapai Rp 249 juta per bulannya!

 

source: http://www.pictame.com