Apa itu Diet Mediterranean?

source: http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2012/12/02/mediterranean-diet-diet-sehat-untuk-jantung-anda-512909.html
Mediterranean Diet adalah diet yang menu makanannya terdiri dari buah-buahan, sayuran, gandum utuh dan ikan. Mereka yang menjalani diet ini menghindari atau malah menghentikan konsumsinya sama sekali terhadap daging merah.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/22331-ini-dia-diet-yang-katanya-paling-mujarab.html
Penelitian menunjukkan bahwa diet kalori terkontrol yang banyak menyertakan makanan-makanan yang berasal dari tanaman dan lean protein (misalnya diet Mediterranean) itu adalah formula yang bernutrisi untuk menurunkan berat badan.
source: http://1001-diet.blogspot.com/2011/06/diet-mediterranean.html

Manfaat Diet Mediterranean

source: http://www.merdeka.com/sehat/3-manfaat-kesehatan-diet-mediterranean.html
Tubuh Lebih Segar untuk Para Lansia
Sebuah penelitian pada tahun 2012 dari Italia menyebutkan kalau diet mediterranean yang dilakukan lansia punya manfaat kesehatan yang luar biasa, yaitu menjaga mereka tetap bugar.
Melawan Serangan Penyakit Kronis
Penelitian lain juga membuktikan kalau menjalani diet mediterranean mampu menjauhkan Anda dari penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, kanker, nyeri sendi, masalah dental, sampai Alzheimer.
Melindungi Otak
Menjaga kesehatan otak dari risiko penyakit Alzheimer dan gangguan kognitif lainnya.

Prinsip Diet Mediterranean

source: http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/05/13/diet-mediterranean-diet-sehat-daging-merah-hanya-sekali-dalam-sebulan-559656.html
1. Sayur dan Buah-Buahan
Disajikan 5-6 kali dalam sehari, bukanlah sebagai makanan pelengkap, tetapi termasuk kebutuahan utama, dan disajikan dalam keadaan segar, atau hanya diolah secara sederhana.
2. Biji-Bijian
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, kedelai, juga disajikan setiap hari.
3. Gula
Hanya digunakan sesekali. Air teh yang disajikan biasanya tanpa gula.
4. Sumber Kalori Utama
Beras, terutama beras merah, gandum yang utuh, pasta, kentang merupakan sumber kalori utama pada diet Mediterranean ini.
5. Minyak Zaitun
Sebagai sumber lemak utama pada diet Mediterranean.
6. Sumber Protein Tambahan
Sumber protein selain dari biji-bijian, kacang-kacangan, susu, yoghurt yang dikonsumsi setiap hari, seperti ayam, daging ikan, ayam, telor dikonsumsi beberapa kali dalam seminggu.
7. Daging merah
Hanya dikonsumsi sekali- dua kali dalam sebulan.
8. Anggur merah
Selalu ada dalam setiap hidangan, tetapi bukan merupakan hal yang penting, hanya sebagai alternatif.
9. Aktivitas Fisik
pada diet Mediterranean, karena dia adalah sebagai gaya hidup, kebiasaan bersosialisi, makan bersama keluarga di meja makan, dan aktivitas fisik yang tinggi, seperti jalan kaki, olahraga adalah bagian yang tidak terpisahkan dari manfaat diet ini.

Cara Kerja Diet Mediterranean

Diet Mediterranean utamanya menekankan pada makanan-makanan yang rendah lemak, rendah kolesterol, dan tinggi serat. Mengurangi total lemak adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi kalori, karena lemak mengandung kalori dua kali lebih banyak dibanding karbohidrat dan protein.
Selain itu, makanan-makanan yang banyak mengandung lean protein dan serat (misalnya beans dan legumes) itu mengenyangkan dan membuat makan jadi lebih memuaskan.
source: http://1001-diet.blogspot.com/2011/06/diet-mediterranean.html
source: http://health.kompas.com/read/2012/12/05/14375262/.Mediterranean.Diet.Diet.Sehat.untuk.Jantung.Anda
Sumber lemak yang terutama berasal dari minyak olive merupakan salah satu penyebab bahwa Mediterranean diet ini sangat baik untuk jantung. Sumber protein yang berasal dari ikan yang hidup dari lautan dingin yang banyak mengandung omega 3 juga berperan terhadap rendah kasus kasus penyakit kardiovaskuler di sana.
source: http://health.kompas.com/read/2012/12/05/14375262/.Mediterranean.Diet.Diet.Sehat.untuk.Jantung.Anda