Antara Beras dan Obesitas

Beras terdiri dari 2 jenis pati yaitu pati yang bisa dicerna dan tidak bisa dicerna oleh tubuh (pati resistan). Pati yang bisa dicerna oleh tubuh akan diubah menjadi gula atau glukosa dalam tubuh, yang jika tidak dibutuhkan maka akan disimpan sebagai cadangan lemak. Inilah penyebab nasi menjadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit diabetes dan obesitas.
source: http://www.hargasumut.org/jk-konsumsi-beras-ramadhan-tak-akan-naik.html
"Setelah tubuh Anda mengubah karbohidrat menjadi glukosa, setiap bahan bakar sisa akan diubah menjadi karbohidrat polisakarida yang disebut glikogen," ujar James. Ia melanjutkan, hati dan otot menyimpan glikogen untuk energi dan mengubahnya kembali menjadi glukosa yang diperlukan tubuh dengan cepat. Masalahnya, glukosa yang berlebih, yang tidak bisa dikonversi ke glikogen, akan berubah menjadi lemak. "Lemak inilah yang dapat menyebabkan berat badan berlebih atau obesitas," - peneliti dari College of Chemical Sciences in Sri Lanka, Sudhair A. James.
source: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150325111347-262-41677/cara-memasak-nasi-yang-bisa-kurangi-kandungan-kalori/

Rahasia di Balik Nasi Rendah Kalori

source: http://triathlon.competitor.com/2015/03/nutrition/nutrition-qa-is-coconut-oil-good-for-my-health_70045
Menurut sebuah penilitan, minyak kelapa dapat membantu mengurangi kalori dalam nasi jika dicampurkan saat proses menanaknya. Kini tak perlu lagi menahan diri untuk makan nasi jika perut mulai merasa lapar saat diet ;)

Bagaimana Cara Kerjanya?

Pati resistan tak dapat dicerna tubuh sehingga tidak diubah menjadi gula yang akan disalurkan melalui darah ke seluruh bagian tubuh. Semakin banyak pati resistan dalam makanan yang dikonsumsi, maka kalori yang diserap oleh tubuh dari pati juga akan berkurang.
source: http://mery.jp/87581
Minyak kelapa yang dimasukkan ketika proses memasak nasi tadi membuat beras tidak bisa dicerna oleh enzim pencernaan yang kita miliki. Kemudian, nasi dingin yang dibiarkan sampai 12 jam tadi juga membuat proses penyerapannya jadi lebih lama. Ini membuat jumlah nasi yang sama menghasilkan kalori yang lebih sedikit ketika dimakan.
source: http://bugar-cantik.blogspot.com/2015/04/cara-membuat-nasi-putih-rendah-kalori.html

Cara Menanak Nasi Rendah Kalori

Ada 3 tahapan yang harus dilalui sebelum nasi siap disantap. Tambahkan minyak kelapa sebanyak 3% dari berat beras yang akan dimasak ke dalam panci atau microwave. Masak nasi seperti biasa kamu melakukannya. Setelah matang, dinginkan dulu nasi sebelum dimasukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 12 jam.
source: http://kuliner.cahiya.com/cara-membuat-nasi-menjadi-lebih-nikmat/
Kamu bisa langsung menyantapnya atau gunakan microwave/magic com untuk menghangatkannya dulu. Tenang saja, karena kalori dalam nasi tidak akan bertambah walaupun telah melewati proses ini. Tapi menghangatkan nasi setelah didinginkan tidak terlalu disarankan karena dikhawatirkan menyebabkan penyakit.
Walau begitu, memanaskan kembali nasi ternyata tidak terlalu direkomendasikan. "Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit," kata Martin Goldberg, ahli mikrobiologi.
source: http://health.kompas.com/read/2015/04/10/071500423/Makan.Nasi.Sisa.Kemarin.Ternyata.Bermanfaat.bagi.Kesehatan

Apakah Mempengaruhi Rasa?

source: https://www.pinterest.com/pin/356136283002956212/
Jika dibandingkan dengan nasi yang biasa kamu masak, mungkin rasanya akan sedikit manis dan tercium aroma minyak kelapa. Tapi jika kamu tidak terbiasa, coba olah dengan banyak bumbu seperti risotto dan lain sebagainya sebelum dihidangkan.

Resep Seafood Risotto
URL:   http://www.vemale.com/kuliner/resep-makanan/50680-resep-kreatif-seafood-risotto-ala-resto.html

Dengan begini, kamu tak perlu khawatir lagi makan nasi saat diet, ya! :D