Komedo merupakan pori-pori yang tersumbat dengan minyak, sel kulit mati, dan bakteri dan menghitam karena mengalami oksidasi karena terkena udara. Komedo bisa mengganggu penampilan karena terlihat sebagai bintik-bintik hitam pada permukaan kulit.

Karenanya, banyak yang berusaha menghilangkan komedo dengan berbagai cara, mulai dari masker, pore strip, hingga cara paling konvensional yaitu diekstraksi langsung dengan cara dipencet. Bahaya enggak sih memencet langsung komedo dengan jari ataupun alat?


Ternyata, Kamu Tidak Disarankan untuk Memencet Komedo Secara Langsung!


Komedo mengandung bakteri yang berada di dinding pori-pori. Saat kamu memencet komedo, kamu berisiko melukai kulit dan membuat bakteri menyebar ke jaringan kulit. Saat inilah jerawat bisa terbentuk, karena sel darah putih yang akan langsung “melawan” bakteri.

Belum lagi, bakteri dari tanganmu juga bisa berpindah dan membuat kondisi kulit semakin parah. Apabila jerawat sudah muncul, bekas jerawat juga berpotensi muncul apabila tidak ditangani dengan benar.

source: https://www.healthline.com


Ini Cara Lain untuk Menghilangkan Komedo


Selain dipencet, komedo bisa dibersihkan dengan pore strip, sejenis masker hidung yang berfungsi untuk menarik keluar komedo dari dalam pori-pori. Namun, penggunaan pore strip tidak bisa sepenuhnya kamu andalkan untuk menghilangkan komedo, karena pore strip hanya membersihkan sebagian kecil komedo yang ada. Alternatif lain yang lebih aman yaitu dengan menggunakan exfoliator seperti BHA. BHA (seperti salicylic acid, misalnya) berguna untuk melarutkan komedo dan membersihkan pori-pori, bahkan hingga ke bagian terdalam.

Kamu juga bisa berkunjung ke dokter kulit untuk mendapatkan tindakan pembersihan komedo, seperti microdermabrasi atau peeling misalnya. Namun tentunya tindakan ini juga membutuhkan biaya yang lebih dibandingkan penggunaan skincare di rumah.

source: https://thrivemarket.com
baca juga


Hentikan kebiasaan memencet komedo mulai sekarang ya, Ladies!