Apa itu diet DASH?

DASH merupakan akronim dari "dietary approaches to stop hypertension" atau "diet yang bertujuan untuk mengatasi hipertensi" merupakan diet yang dicetuskan oleh National Heart Lung and Blood Institute untuk menurunkan tekanan darah.
source: http://health.kompas.com/read/2013/02/18/10424513/5.Jenis.Diet.yang.Bikin.Sehat
source: http://www.fimela.com/beauty-health/dash-diet-tren-diet-terbaik-di-dunia-tahun-ini-1401306-page1.html
DASH diet ini memfokuskan diri pada konsumsi protein dan sayuran segar. Kabarnya lagi, sudah banyak wanita yang turun berat badannya dan memiliki perut langsing tanpa harus bingung menghitung kalori yang dimakan atau menghabiskan berjam-jam waktunya di gym, dan semuanya berkat DASH diet.
source: http://www.vemale.com/kesehatan/46317-inilah-diet-yang-katanya-paling-sehat-dash-diet.html

Langkah-Langkah Diet DASH


Diet DASH secara sederhana dibagi menjadi dua fase.
Fase Pertama
Fase pertama berlangsung selama dua minggu. Pada fase ini lebih diutamakan soal transisi konsumsi karbohidrat yang rendah, ditujukan mengatur ulang sistem metabolisme tubuh dengan memotong semua konsumsi karbohidrat yang didapat dari beras, gandum, jagung, dan lain sebagainya. Selain itu, konsumsi buah-buahan pun termasuk yang dihindari dalam fase ini.
source: http://www.fimela.com/beauty-health/dash-diet-tren-diet-terbaik-di-dunia-tahun-ini-1401306-page3.html
Fase Kedua
Pada fase ini, buah-buahan, sayur yang berkarbohidrat, serta semua konsumsi karbohidrat yang didapat dari beras, gandum, jagung, dan lain sebagainya pun mulai diperkenalkan kembali ke tubuh. Hal ini ditujukan untuk melanjutkan diet dan menurunkan berat badan, ditambah menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol orang yang menjalankannya. Pada fase kedua ini, orang tersebut akan belajar bagaimana mempertahankan diet tersebut sebagai diet jangka panjang yang akan tetap dilakukan untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh.
source: http://www.fimela.com/beauty-health/dash-diet-tren-diet-terbaik-di-dunia-tahun-ini-1401306-page4.html

Menu Diet DASH

source: http://www.zipheal.com/nutrition/dash-diet-menu/4342
Dash Diet menyarankan seseorang untuk mengonsumsi 2.000 kalori perhari dengan asumsi 6-8 porsi biji-bijian, 4-5 sayuran dan buah, 2-3 susu bebas lemak atau rendah lemak, dan 6 atau lebih sedikit daging tanpa lemak seperi daging unggas, dan ikan dimana satu porsi setara dengan satu ons. Selain itu Dash Diet juga menunjukan pembatasan natrium perhari dari 2.300 mg menjadi kurang dari 1.500mg perhari.
source: http://duniafitnes.com/health/ini-dia-5-jenis-diet-terbaik-di-tahun-2014.html

7-Day DASH Diet Meal Plan
URL:   http://www.doctoroz.com/article/7-day-dash-diet-meal-plan?page=1

Aturan Dalam Diet DASH

source: http://www.vemale.com/kesehatan/46317-inilah-diet-yang-katanya-paling-sehat-dash-diet.html
1. Makan tiga kali sehari, di pagi hari, siang hari dan jam optional yang bisa Anda atur. Yang jelas, pastikan setidaknya makan 2 jam sebelum tidur.
2. Berolahraga lebih rutin dan disiplin, setidaknya 30-45 menit setiap hari.
3. Tidur cukup dan tidak boleh begadang.
4. Minum air putih yang cukup dan menghindari asupan kafein darimanapun, termasuk teh dan kopi.
5. Kurangi garam, tetapi jangan sampai tidak mengonsumsi garam.
6. Menjaga tubuh tetap rileks dan fokus pada penurunan berat badan.
Metode diet ini tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Jika pola diet ini dilakukan secara teratur dan disiplin, tubuh ideal bukan lah impian. Tertarik untuk mencoba diet DASH?