Toner pembersih memang sahabat wanita dalam membersihkan bekas makeup dan kotoran di wajah, ladies, salah satunya ialah cleansing oil dan micellar water. Nah, bagaimana sih perbandingan toner ini? So, without any further do, let’s check this out!
 

source: http://www.beautifulwithbrains.com/



Cleansing Oil
Sesuai dengan namanya, cleansing oil merupakan pembersih wajah yang mengandung minyak, ladies. Pembersih wajah satu ini menggunakan teknik “Oil attracts oil” sehingga dapat menyerap dan mengangkat bekas makeup dan kotoran di wajah yang mengandung minyak, sekaligus menutrisi kulit, lho. Yup, cleansing oil bisa kamu gunakan untuk membersihkan waterproof makeup, Beautynesian.

FYI, penggunaan cleansing oil ini biasanya diikuti dengan pencucian wajah dengan sabun pembersih, karena kamu masih harus membersihkan sisa-sisa minyak bekas cleansing oil yang menempel di kulit. Namun, dengan double-step-cleanser ini, kulit kamu dijamin akan menjadi super bersih, ladies!
 

source: https://kinimall.co.id
baca juga



Cara penggunaannya pun mudah banget. Kamu hanya perlu mengaplikasikan cleansing oil ke wajah dengan menggunakan tangan kemudian memijat-mijatkannya ke kulit untuk membantu meluruhkan kotoran atau bekas makeup yang menempel. Setelahnya, baru angkat sisa-sisa makeup ini denggan bantuan tissue ataupun kapas. Terakhir, cukup bersihkan wajah dengan sabun pembersih ataupun toner lain seperti micellar water, ladies.
 
Nah, cleansing oil ini cocok banget digunakan buat kamu yang mempunyai kulit yang kering dan sensitif mengingat formulanya mampu melembapkan dan menutrisi kulit. Produk satu ini juga cocok banget digunakan oleh kamu yang sering mengenakan makeup, seperti primer, foundation, dan waterproof makeup, lho. Di sisi lain, cleansing oil kurang cocok dipakai oleh kamu yang kulitnya berminyak,  sebab (as you can guess) bisa membuat kulit kamu makin berminyak, ladies!
 

source: http://www.sunshinekelly.com/



Micellar Water
Buat kamu yang masih asing, micellar water merupakan istilah untuk toner pembersih yang terbuat dari air dan tidak mengandung sabun, Beautynesian. Micellar water merupakan gabungan dari molekul air atau micelle dengan zat asam lemak pada konsentrasi tertentu, sehingga kedua zat ini dapat bekerja dalam membersihkan wajah kamu dari kotoran. Yup, meskipun berbentuk air, micellar water dapat mengangkat minyak dan lemak pada wajah bahkan menghapus waterproof mascara kamu, lho!
 

source: http://www.beautybucketeer.com/
baca juga



Well,  membersihkan wajah dengan micellar water merupakan hal termudah, ladies. Kamu hanya perlu menuangkan micellar water pada kapas dan mengaplikasikannya pada wajah untuk membersihkan kotoran dan makeup di wajah kamu. Super easy and simple, right?
 
Meskipun bisa membersihkan wajah dari make up, micellar water enggak direkomendasikan buat digunakan oleh kamu yang menggunakan heavy makeup on daily basis, ya, But it’s best for sensitive and dry skin, ladies!

source: https://www.beautyheaven.com.au