Rasanya tidak ada yang lebih memuaskan daripada melihat banyak komedo terangkat pada pore strip dan kulit hidung yang terasa lebih mulus. Perlu diakui, pore strip memang bisa menjadi pilihan praktis dan mudah untuk menghilangkan komedo secara instan dan cepat hanya dalam hitungan menit. Namun, pernahkah kamu merasa bahwa pore strip bisa membuat komedo menjadi lebih banyak, karena biasanya si hitam ini biasanya kembali muncul dalam hitungan hari setelah kamu memakai pore strip?

Pertanyaan diatas kerap muncul dan banyak dipercaya oleh masyarakat. Kabar gembiranya, pore strip ternyata tidak membuat komedo semakin banyak lho, Ladies. Kamu pun tidak perlu khawatir dengan “efek samping” tersebut. Untuk jelasnya, kamu perlu memahami dulu nih cara kerja pore strip dan pembentukan komedo!

source: https://www.buzzfeed.com


Cara Kerja Pore Strip


Untuk kamu yang penasaran, seorang dermatologis asal New York, dr. Arielle Nagler, menjelaskan bahwa pore strip bisa membersihkan dan menarik kotoran. Namun, pore strip hanya mampu membersihkan bagian permukaan hidung, seperti minyak yang teroksidasi dan menjadi warna hitam (komedo), kulit mati, kotoran, dan rambut. Menggunakan pore strip saja ternyata tidak cukup untuk membersihkan minyak yang berada jauh di bawah pori-pori, dan minyak yang terlewatkan inilah yang bisa menyebabkan jerawat di kemudian hari.


Pembentukan Komedo


Komedo terbentuk karena kelenjar minyak yang memproduksi sebum. Sebum berguna untuk menjaga agar kulit terasa lembut, namun ketika sebum diproduksi terlalu banyak atau bersatu dengan sel kulit mati dan kotoran, terbentuklah komedo yang menyumbat pori-pori kulit.

Komedo bisa dibersihkan, salah satunya dengan menggunakan pore strip. Namun jangan harap kulitmu bisa bebas komedo selamanya ya, karena ternyata komedo akan selalu muncul selama kelenjar minyak masih aktif memproduksi sebum. Dengan kata lain, tidak ada yang bisa mencegah pembentukan komedo pada kulitmu.

source: https://theheartysoul.com
baca juga


Jadi, Apakah Pore Strip Bisa Membuat Komedo Menjadi Lebih Banyak?


Jawabannya tentu saja tidak. Pore strip tidak mempengaruhi laju pembentukan komedo secara langsung (menjadi lebih sedikit atau lebih banyak), dan hanya berfungsi untuk menghilangkan komedo yang ada di bagian atas kulit. Penyebab terbentuknya komedo sendiri adalah sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak, karena itu wajar apabila kamu selalu menemui komedo pada kulitmu.

Untuk mencegah komedo terinfeksi bakteri dan menjadi jerawat, kamu bisa rutin membersihkan wajah atau melakukan eksfoliasi dengan BHA agar minyak di pori-pori bisa bersih secara menyeluruh.

source: http://8list.ph