Eksfoliasi memang merupakan salah satu cara merawat wajah yang bisa dilakukan oleh setiap orang, ladies. Namun, jika dilakukan terlalu sering, perawatan wajah satu ini bisa menimbulkan sejumlah efek samping bagi kulit kamu, lho. Apa saja itu? So, without any further do, let’s check this out!
 

source: http://stylecaster.com/



Kulit Memerah
Kulit kamu akan menjadi memerah jika terlalu sering dieksfoliasi, lho. Hal ini merupakan salah satu tanda bahwa kulit kamu masuk ke kondisi iritasi, ladies. Yup, memerah disini bukan jenis kulit memerah yang terlihat sehat ya, melainkan bercak-bercak atau kemerahan yang mengumpul pada beberapa titik wajahmu. Kemerahan ini biasanya juga diikuti oleh rasa gatal, lho. Jika kamu melakukan eksfoliasi, cara merawat wajah dengan cara satu ini harus kamu perhatikan baik-baik lho.
 

source: https://www.huffingtonpost.com
baca juga


Perih
Selain memerah, jika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit, kulit kamu pasti akan terasa perih, ladies. Enggak hanya perih, kulit kamu juga sangat mungkin terasa panas, lho. Hal ini disebabkan karena kamu terlalu sering menggosok kulit wajah dengan bahan exfoliasi yang kamu gunakan. Gesekan terus menerus iniah yang membuat kulitmu terasa perih dan panas, Beautynesian.
 
source: https://www.livestrong.com



Kulit Kering dan Mengelupas
Terlalu sering eksfoliasi juga bisa membuat kulit kamu menjadi super kaku dan kering, lho. Bahkan, tidak jarang kondisi kulit kering ini sudah sampai tahap kulit kering bersisik. Oleh sebab itu, kulit wajah kamu juga menjadi mengelupas.

Nah, jika kamu mengalami kondisi ini, bisa dipastikan kamu akan malas dan kurang PD menggunakan foundation, bb cream, concealer, ataupun bedak. Karena produk makeup akan sulit menempel dan malah memperjelas kulit kering dan mengelupas kamu, ladies.
 

source: https://www.eyeem.com
baca juga



Muncul Jerawat
Well, eksfoliasi yang berlebihan juga bisa menyebabkan munculnya jerawat, lho. As we know, eksfoliasi memang dilakukan untuk membersihkan pori-pori wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kamu yang bisa menjadi penyebab jerawat. Yup, jika kamu melakukan eksfoliasi dengan normal, kamu bisa mendapatkan manfaat itu, ladies

Namun, perlu kamu ketahui, ketika kamu melakukan eksfoliasi secara berlebihan, kamu enggak hanya menghilangkan dan mengangkat sel-sel kulit mati, tetapi juga sel kulit sehat yang bertugas dalam melindungi dan meregenerasi kulit kamu. Nah, dengan ketidakberadaan sel kulit sehat ini, kulit kamu akan menjadi super sensitive sehingga menjadi mudah berjerawat, lho..
 

source: http://www.dailymail.co.uk/