Mengaplikasikan Primer
Tips pertama yang wajib kamu lakukan ialah mengaplikasikan primer pada kelopak mata dan bagian bawah mata kamu. Kamu bisa menggunakan primer wajah ataupun primer eyeshadow. Kedua primer ini akan menyerap kandungan minyak di kulit kelopak dan bagian bawah mata dan membuatnya matte, lho. Dengan kelopak mata dan bawah mata yang matte, tentunya maskara yang nantinya kamu gunakan akan sulit untuk smudge, ladies!
 

source: http://www.askmewhats.com/



Menge-set dengan Bedak
Nah, untuk hasil yang lebih aman, terlindungi, dan maskimal, kamu juga bisa menge-set kelopak mata dan bagian bawah mata kamu dengan menggunakan bedak, ladies. Kamu bisa menggunakan bedak padat ataupun bedak tabur.

Nah, khusus untuk bagian bawah mata, kamu bisa menerapkan teknik baking dengan bantuan bedak tabur. Cukup aplikasikan bedak tabur yang cukup tebal pada bagian bawah matamu dengan bantuan sponge dan biarkan selama 15-30 menit. Sambil menunggu, kamu bisa mengerjakan makeup yang lain, Beautynesian.

Setelah waktunya selesai, kamu hanya perlu membersihkan sisa bedak tabur dengan bantuan kuas wajah. Teknik baking ini akan membuat bagian bawah mata kamu menjadi super matte dan bebas dari minyak untuk waktu yang lama, lho. So, you’ll free from smudging mascara, ladies!
 

source: http://www.beautezine.com/
baca juga



Menggunakan Mascara Waterproof
Tips lainnya ialah menggunakan mascara yang waterproof, Beautynesian. Mascara yang waterproof memiliki kandungan wax yang lebih banyak sehingga risiko smudging-nya menjadi lebih minimal dibandingkan mascara biasa, lho. Jadi, pilih-pilih jenis mascara sebelum memutuskan untuk menggunakannya, ya!
 

source: http://www.webpaper-rp.com/



Memfokuskan Pengaplikasikan Maskara Pada Akar Bulu Mata
Terakhir, kamu sebaiknya tidak memfokuskan pengaplikasikan mascara pada ujung bulu mata, ladies. Kenapa? Karena mascara pada ujung bulu matalah yang paling sering menimbulkan smudging pada bagian bawah mata ataupun kelopak matamu, lho. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memfokuskan pengaplikasikan mascara pada bagian akar dan tengah bulu mata. Hasilnya tidak akan berbeda jauh kok.

Bulu mata kamu akan terlihat lebih tebal dan bervolume, Beautynesian. Selain itu, sebaiknya kamu juga menghindari pengaplikasikan maskara pada bulu mata bagian bawah ya, because it’s the main cause of smudging mascara that could ruin your whole makeup, ladies!
 
 

source: http://makeup.lovetoknow.com/