Masak Sendiri dan Kurangi Makan di Luar

Anak kos memang biasanya sih malas masak sendiri. Mereka lebih suka makan di luar atau memesan makanan melalui jasa delivery order. Tapi, mulai sekarang demi menghemat kamu harus memasak sendiri dan kurangi makan di luar deh. Selain hemat, pastinya makanan yang kamu masak sendiri sesuai dengan selera kamu dan terjaga kebersihannya. 

 

source: https://www.weightsentinel.com


 

Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan diri sendiri juga bisa jadi life hacks menghemat pengeluaran ala anak kos lho! Bayangkan saja jika kau tiba-tiba sakit dan jauh dari orang tua, pastinya hal ini menjadi pengeluaran tak terduga bukan untuk biaya ke dokter dan obat-obatan? Kamu bisa mulai menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga. Tidak perlu olahraga mahal, lari atau jogging juga sudah cukup kok. 

 

source: https://www.vemale.com


 

baca juga

Manfaatkan Promo, Diskon atau Bahkan Gratisan

Life hacks menghemat pengeluaran ala anak kos berikutnya adalah jangan malu untuk berburu promo, diskon atau bahkan gratisan. Manfaatkan tuh promo buy 1 get 1 atau buy 2 get 1. Biasanya di swalayan-swalayan atau mini market banyak menawarkan promo-promo seperti ini. Mau membeli baju atau sepatu baru juga manfaatkan diskon yang biasanya bisa sampai 70%. 

 

source: http://bogor.tribunnews.com


 

Manfaatkan Free Wifi

Sekarang ini sudah banyak kok fasilitas wifi gratis. Bahkan beberapa kos juga menawarkan paket free wifi. Jika tidak ada biasanya di kampus atau di cafe-cafe juga tersedia free wifi. So, dengan begini mengerjakan tugas juga jadi hemat kan? 

 

source: https://www.merdeka.com


 

baca juga

Cuci Baju dan Setrika Sendiri

Alih-alih menggunakan jasa laundry, sebaiknya cuci dan setrika sendiri baju kamu. Selain hemat, kamu juga bisa mulai belajar mandiri dan sekaligus olahraga. Perlu kamu tahu, ongkos sekali cuci di laundry bisa untuk beli sabun cuci jatah sebulan lho!

 

source: http://purbaningrumtiarazahra.blogspot.co.id


 

Jangan Malas Jalan Kaki

Kemana-mana meskipun dekat banyak yang malas jalan kaki. Ada yang naek angkot bahkan taxi. Kalau sekarang kebanyakan sih memilih ojek online. Tapi kalau kamu terus-terusan memakai jasa ojek atau taxi pasti berat di ongkos juga kan? Setidaknya untuk jarak dekat atau yang bisa ditempuh dengan berjalan silahkan kamu jalan kaki saja. 

 

source: https://osseo.org