Kak, kapan (umur berapa) waktu yang tepat untuk memulai perawatan wajah?

source: https://pm1.narvii.com/6260/4f4b0c86c2f7fec94d5bbd41aa9e484cd47d7ca1_hq.jpg

Kak, saya berusia 16th, Mama saya bilang umur 30 th saya baru boleh melakukan perawatan wajah (spt facial, krim malam dll) supaya kulit saya tetap alami dan tidak rusak. Apakah pendapat mama saya itu masih cocok dijaman sekarang?. Karena saya lihat teman teman saya banyak yg sdh melakukan perawatan wajah. Share dong kak, pengalaman kakak kakak..

beautynesia.id merupakan salah satu media kecantikan wanita terbesar di Indonesia. Ada 20-30 artikel baru setiap harinya yang membahas tentang Kecantikan, Fashion, Health, Food, dan Giveaway menarik. Yuk, cek selalu artikel populer beautynesia.id setiap harinya dengan bookmark, Facebook, LINE (@beautynesia), dan Beautynesia Apps!

Comments
Comments
  • 1
    a zeezee
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    18 Feb 2018 2:50 pm
    Umur aku 15 tahun ....
    Tapi aq udah mulai kok buat rajin bersiin wajah tiap malem.. kayak pake milk cleanser, facial foam, toner , juga pake aloe vera gel
    Klo makeup cuma pake cc cream , liptint, lip balm, sama bedak
    Gpp kok
    1
    Reply
  • 2
    Kaminekooo
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    18 Feb 2018 7:58 pm
    20 tahun neng, itu rekomendasi beberapa dokter yg aku kenal
    0
    Reply
  • 3
    Kaminekooo
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    18 Feb 2018 8:00 pm
    Kalau buat bersihin muka dengan sabun sih boleh2 aja tp untuk krim2 pemutih dll lebih baik nanti aja, kalau urusan make up sih jgn terlalu berat buat pake bb cream atau apa lah itu karena bisa yg namanya make up di usia kamu yg sekarang aku sih sayang aja kulitnya itu loh, kalau pun ada jerawat pun kemungkinan itu hormonal di usia kamu
    0
    Reply
  • 4
    Tita
    Total32
    Spam
    Edit
    Delete
    18 Feb 2018 9:35 pm
    Kalo liat situasi skrg yg polusi dimana" menurutku lebih baik dimulai dari umurmu skrg, aku yg 21th aja nyesel baru kenal skincare setahun belakangan. Coba pake facial wash, masker yg alami misalnya tomat, pelembab dan sunblock. Untuk makeup biar sesuai umurmu cukup bedak tabur dan lipbalm/liptint.
    2
    Reply
  • 5
    trollface
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    19 Feb 2018 2:52 pm
    Tergantung lah.
    13thn keatas kulit udah mulai bertingkah, pakai pelembab ringan bertekstur gel atau air (pixy gel atau hadalabo lotion), face wash pke yg phnya sesuai sama kulit (klo sensitif pilih yg non-fragrance non-sls) dan yg plng penting SUNSCREEN (Ini salah satu penyesalan pas lg remaja, kulit aku pernah ngelupas pas smp gara gara acara sekolah, belum lagi jd kusam gosong dan keriput bawah mata padahal aku baru 21an) makeup pke loose powder aja jgn banyak numpuk bedak atau bb krim nanti kulitnya malah tersumbat (pengalaman dulu jd banyak komedo dan clogged pores gara gara ini) pokoknya klo remaja fokus aja nge lembab in muka jgn pke yg aneh aneh semacam serum, masker, exfo toner, anti-aging, krim malam, facial,dll

    Nah baru usia kuliah 18thnan bisa explore macem macem. Bisa fokus ke permasalahan kulit, mau putihin lah, ilangin bekas jerawat lah, pgn kulit tesktur nya lebih mulus lah itu bebas. Tp inget pakenya kenalkan ke kulit perlahan lahan dan jgn pernah ninggalin moisturizer/pelembab meski kulit kmu berminyak pun karena pelembab itu dasar dr skincare.
    Klo 25 keatas tergantung jenis kulitnya baru deh pakai krim atau serum yg berat dan rich di kulit
    2
    Reply
  • 6
    Aisyah
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    19 Feb 2018 11:43 pm
    Mama kmu ada benernya juga say.. skincare biasanya buat diusia 20an. kalo memang mau perawatan, paling kmu pake masker tradisional aja. Trus keluar rumah pake sunscreen sama lipbalm ber-spf, minimal itu :) smoga membantu...
    1
    Reply
  • 7
    Purnama
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 4:08 pm
    Menurutku gak ada salahnya kok mulai dari sekarang dear..
    Semakin cepat semakin baik..
    Gak ada salahnya kamu mulai dari membersihkan wajah pake facial wash.. terus pake pelembap buat ke sekolah biar mukanya gak gosong kena matahari..
    Kayak tanaman aja.. Semakin di rawat bakal semakin cantik kan?? Sama kayak muka ^^
    2
    Reply
  • 8
    Tasya
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 9:27 pm
    Terimakasih atas responnya kak,
    Berarti memang sdh waktunya untuk merawat wajah ya.
    Berarti sementara cukup hanya dengan membersihkan wajah pake facial wash, sunblock dan lipbalm?

    Bisa di share kah kak, merek produk2 yang perlu dipunya dan yang aman untuk seusia aku?
    Kulit aku cenderung kering.
    0
    Reply
  • 9
    Tara
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 9:47 pm
    Hai Tasya, betul sekali itu, mulai sejak remaja kulit perlu dirawat. Cari produk alami sesuai kebutuhan kulit. Kalo memang jenis kulit kamu kering, coba deh mulai dengan produk yg banyak kandungan/formula untuk hydrating nya ekstra. Skrg lagi banyak produk yg pakai aloe vera, pas itu buat kulit kering. Selain itu yg menggunakan bahan bunga mawar juga buat hydrating. Cuci muka juga cukup 2 kali sehari. Selain sunblock dengan UV A dan UV B bisa sebelumnya menggunakan pelembab wajah yg cocok. Untuk produknya harus dicoba dulu sesuai kulitmu ya. Buat bibir selain dengan lipbalm juga bisa pakai madu yg dioleskan ke bibir buat perawatan alami. Buat perawatan mingguan, juga sudah bisa pakai sheet mask yang lagi tren sekarang. Cari yg buat hydrating kulitmu. Jangan lupa makan sayuran dan buah serta air putih dan tidur yg cukup ya kunci utama kulit cantik dan sehat. Happy trying.
    4
    Reply
  • 10
    Martin
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 9:59 pm
    Halo adik yg berusia 16 tahun. Menurut saya perawatan wajah itu tidak harus memakai produk dari dokter atau sebagainya. Cukup rutin mengganti sprei bantal seminggu 1 kali dan rajin membersihkan wajah itu sudah cukup. Trims
    1
    Reply
  • 11
    Echa
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 10:25 pm
    Holaaa ... Kalau menurutku merawat wajah itu penting dan nggak harus nunggu 30th dulu hehe. Karena yg terpenting adalah kita merawat wajah kita sesuai kebutuhan wajah kitaaa :) kalau nggak mulai dari sekarang, mau kapan dong? Nanti keburu nyesel hehe. Dan aku pribadi masih menyimpan prinsip segala sesuatu yg instan itu punya risiko bahaya atau efek ketergantungan, etc. Jadi ... Mending yg bertahap tapi nggak punya risiko bahaya apapun :) btw aku bisa bilang gini karena based on pengalaman.

    Dulu dari kecil sampe SMA, aku nggak pernah pake bedak, facial foam apalagi krim malam hehe. Dan alhamdulillah wajahku bersih no komedo apalagi jerawat jadi makin2 deh tuh kepikiran untuk tanpa perawatan muka bisa oke oke aja.

    Tapi ... Jeng jeng jeng ... Semua berubah saat aku kuliah ... Entah kenapa tiba2 aku mulai ngerasain yg namanya jerawat, komedo ... Arrghh pokoknya bete banget.

    Akhirnya cerita sana sini ... Dapatlah aku pemahaman baru bahwa pada dasarnya kulit wajah juga perlu nutrisi, perlu dirawat sesuai kebutuhannya :)

    So, yuk mulai rawat wajah dari sekarang dan yg oasti sesuai kebutuhan kulit wajah masing2 pastinya :)
    3
    Reply
  • 12
    Fany
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 10:26 pm
    Tasya,,mmg sebaiknya di umur 16th skrg tidak usah menggunakan banyak produk skincare..cukup dengan rajin mencuci muka,,memakai pelembab dan sunblock..dan belum perlu menggunakan make up yg tebal,,cukup menggunakan loose powder dan lipbalm..
    Jika mau menambahkan bisa menggunakan masker minimal 2x seminggu..dan jgn lupa produk yg digunakan sesuai dgn jenis kulit km ya..
    1
    Reply
  • 13
    Don2
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 Feb 2018 10:44 pm
    Sedari kecil sih, krn menurut saya perawatan wajah tu mulai dr cuci muka bersih sehabis keluar rmh & sblom tidur. Kadang org suka gak care sama hal simple ini, pdhal kl uda kebiasaan males & mulai diumur 16thn, yah lbh susa memulai kebiasaan baik utk bebersih. Jadi Mamih & Papih, biasain aja anak2nya sedari kecil bebersih wajah & badan.
    Sehabis itu diusia remaja, boleh ditambah pelembab2 ringan krn mulai bnyk kegiatan luar ruangan & tea tree oil. Yah krn biasanya remaja mulai jerawatan kan. Selebihnya seiring bertambah usia ditambah ini itu. Tp yah diingat aja, kebiasaan bebersih & merawat sudah mulai dr kcl.
    2
    Reply
  • 14
    astic
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    21 Feb 2018 7:10 am
    Aku mulai perawatan wajah dimulai dari umur 13th. Sudah pake pelembab wajah yang mengandung spf, karena umur" segitu suka panas"an disekolah haha. Tapi cari pelembab yang memang aman, tidak keras. Banyak ko skincare remaja-remaja sekarang. Pakai saja pelembab wajah yg ada spf dan krim malam sudah cukup ko untuk permulaan. Wajah itu harus dirawat dari masa muda gunanya untuk mengatasi masalah yang bakal muncul di masa tua nanti karena kalau mulai dari umur 30th itu sulit loh apalagi kalo ada kerutan, flek hitam. Bakalan susah hilang.
    2
    Reply
  • 15
    Kartika
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    21 Feb 2018 8:07 am
    Hai aku mulai perawatan wajah sejak SMA umur 16th karena mukaku berjerawat, gonta ganti produk skin care tapi ga ada yang cocok. Akhirnya ketemu salah satu dokter hebat di sebuah rumah sakit dan dikasih resep cream racikan, Semenjak itu jadi udah ga jerawatan deh sampai sekarang. Kalau perawatan dari umur 15th sih perlu menurutku karena kulit butuh nutrisi, tapi harus cari nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Ohiya tips juga buat teman-teman disini yang mukanya berjerawat dan ingin sembuh, jangan pernah pakai cream muka penghilang jerawat tapi mengandung pemutih, karena kalau ada pemutihnya kulit kita akan semakin tipis, dan jerawat juga komedo akan mudah muncul. Jadi cari yang sesuai kebutuhan ajah yahhhh
    0
    Reply
  • 16
    Yuki
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    21 Feb 2018 8:44 am
    Haii... Kalo aku baru mulai perawatan itu usia 20an. Sebelum2nya paling cuma cuci muka pakai sabun muka aja sama maskeran satu atau dua minggu sekali. Alhasil kulitku (katanya, kata temen2 ya bukan kataku sendiri. Hehe) jadi kelihatan lebih muda dan lebih mulus daripada temen2 lain yg seumuran >.<
    Kalau masih umur belasan, sebaiknya jangan pakai aneh2 dulu. Kasian kulitnya. Biarkan natural aja.. ^•^
    0
    Reply
  • 17
    Siska
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    21 Feb 2018 3:48 pm
    >> 15
    > Hai aku mulai perawatan wajah sejak SMA umur 16th karena mukaku berjerawat, gonta ganti produk skin care tapi ga ada yang cocok. Akhirnya ketemu salah satu dokter hebat di sebuah rumah sakit dan dikasih resep cream racikan, Semenjak itu jadi udah ga jerawatan deh sampai sekarang. Kalau perawatan dari umur 15th sih perlu menurutku karena kulit butuh nutrisi, tapi harus cari nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Ohiya tips juga buat teman-teman disini yang mukanya berjerawat dan ingin sembuh, jangan pernah pakai cream muka penghilang jerawat tapi mengandung pemutih, karena kalau ada pemutihnya kulit kita akan semakin tipis, dan jerawat juga komedo akan mudah muncul. Jadi cari yang sesuai kebutuhan ajah yahhhh
    Sepakat banget sis. Aku juga pakai yang namanya serum. Dengan memakai serum sebelum tidur, wajah jerawatku udah hilang perlahan. Nama serumnya Nextskin Acne Remover Serum, rekom banget deh buat jadi pilihan kamu
    0
    Reply
  • 18
    Irma
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 9:31 am
    Hai, kalo aku mulai merawat wajah saat masuk bangku kuliah sekitar umur 18 tahun kali yah. Dimana pakai krim muka, pembersih dan lainnya. Tapi...kalau memang msh umur beli tidak ada salahnya merawat wajah kok, asalkan pakai perawatan wajah yg “ringan” baiknya konsul ke dokter sih.
    0
    Reply
  • 19
    Yumi
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 9:37 am
    Haiii...Perawatan wajah sebenarnya sah-sah saja dilakukan di usia muda. Dengan catatan tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan. Misalnya untuk remaja yang sudah mulai mengalami lonjakan hormon dan berjerawat, sehingga membutuhkan perawatan dari dokter kulit untuk mengurangi peradangan,
    0
    Reply
  • 20
    Vania
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 9:44 am
    halo, kalo aku mulai rawat wajah pas 17tahun sih karna waktu itu wajah mulai berubah sendiri kyk nggak cerah gitu. tapi karna aku takut nyoba2, jadinya langsung ke dokter muka aja dikasih sabun cuci muka, krim pagi dan krim malam. seharusnya sih gak masalah, karna dokter akan tau "obat" yang cocok dengan jenis kulit di umur kita itu apa. kalo facial, peeling, dll juga aku disarankan dari dokter sih, jenis facialnya apa, kapan perlunya, dan berapa interval waktunya...
    0
    Reply
  • 21
    Intan usia 38 tahun
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 10:09 am
    Kulit wajah merupakan bagian yang cukup sensitive bagi saya. Pembersih wajah beraroma dan berbusa memang terkesan lebih menyenangkan, tetapi ternyata sebaliknya. Lebih baik untuk membersihkan wajah menggunakan pembersih tanpa busa dan aroma. Perhatikan juga bahwa pembersih berbahan antibakteri dapat membahayakan kulit wajah. Kandungan sodium lauryl sulfat juga perlu diwaspadai karena justru membuat kulit makin kusam.

    Dan biasanya saya melakukan pembersihan kulit wajah dengan sabun untuk wajah jangan pakai sabun mandi yah, untuk membuat relax kulit bisa juga dengan rajin masker dengan buah buahan alami dan bilas wajah dengan air hangat dan air es, kita terasa lebih relax.
    0
    Reply
  • 22
    Ratih
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 12:21 pm
    Usia 17thn menurut saya yang paling tepat melakukan perawatan wajah, karena di usia 17 usia pubertas dan hormon jg sdh mulai tdk stabil maka kita harus menggunakan skincare yg cocok pastinya utk kulit kita. Sebelum pakai skincare sebaiknya ke dokter kulit dulu
    0
    Reply
  • 23
    Nanaunana
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 1:25 pm
    Tasya,
    menurut aku kalau kamu masih kecil, gak usah pake perawatan dulu.. kamu banyakin air putih dan makan makanan sehat. kulit kamu masih bisa banget regenerasi dan dirawat dari dalem.
    nanti kalau sudah menjelang early 30, kamu bisa coba perawatan yang anti aging. healthy skin start from the inside
    0
    Reply
  • 24
    Ditta
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 1:34 pm
    Pengalaman pribadi sama persis dengan apa yang kamu alami sis, nyokap ngelarang2 tapi kegiatan disekolah dan kuliah jalan terus, akhirnya aku nyesel karena sekarang aku 22 th dengan wajah kusam dan sudah mulaibada flek dan kata dokter agak terlambat untuk memulai perawatan, sooooo... mending dimulai dr sekarang deh, apapun perawatannya.
    0
    Reply
  • 25
    Eno
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    5 Mar 2018 1:51 pm
    Haaaiii, menurut Aku untuk menjaga kebersihannya harus dimulai dari sekarang yaaa.. Bisa menggunakan facial wash dan pelembab untuk kulit remaja..

    Tapi kalau untuk facial dan pemakaian cream2an Sabar ya Say, nanti aja tunggu usia Kamu 25th..
    0
    Reply
  • 26
    Enelid24
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    6 Mar 2018 7:52 pm
    Hai dear, menurutku ga adaa standar untuk memulai perawatan wajah, aku sendiri mulai perawatan wajah dari duduk di bangku smp kelas 3,tapi perawatan wajah dimulai dari yang ringan dulu ya dear, seperti menggunakan facial wash, masker, atau pelembab supaya kulit kamu tetap terjaga ketika diluar ruangan. Karena usia yang masih belia, misalkan km menggunakan cream wajah atau perawatan facial dll sebaiknya tunggu sampai usia kamu cukup untuk bisa melakukan perawatan itu ya dear
    0
    Reply
  • 27
    assyifaelf
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    24 Apr 2018 12:42 pm
    Hai Tasya! Saya mulai perawatan wajah itu umur 16-17 tahun, saat itu yg saya pakai hanyalah facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Sedangkan saat dibawah 16 tahun .... Krn tkut trllu muda dlm menggunakan produk skincare, saya hanya mengandalkan facial wash, sunscreen, dan sebulan sekali maskeran ehehhe. Tpi di umur 18 perawatan saya di komplitkan, saya tambahin scrub, serum, essence, exfoliating toner, sleeping mask, dan eye cream. 😘 semoga membantu!
    0
    Reply
  • 28
    Sel
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    20 May 2018 4:01 pm
    Saya sih dari sd kelas 4 sudah pake pelembsb gsrnier, skrg saya sudah Smp .Tapi wajah ssaya tdk pernah bermasalah sampai skrg... Skrg perawatan nya di tambah dengan sabun wajah :)....kalo kemana² sy cukup pake pelembab dan bedak sja....
    0
    Reply
  • 29
    Annalleze
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    21 May 2018 4:44 pm
    Umur2nya puber, kayak 15 tahun keatas, harus udah bisa merawat wajah,
    Gausa muluk2 dari yg sederhana aja dulu kayak cuci muka bangun dan sebelum tidur.
    Itu udah perawatan kok untuk anak2umur segitu hehehe
    Setelah klop dengan sabun cuci muka pilihan, tinggal aplikasi krim wajahh deh, dsb hehhe

    Tiana.aulia@gmail.com
    0
    Reply
  • 30
    Ratyas
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    21 May 2018 11:02 pm
    Sedini mungkin ya gaes. Soalnya kondisi lingkungan sekarang udah gak bagus untuk kulit, terutama di kota besar. Polusi dimana mana. Rawat kulit sesuai jenis dan kebutuhan kulit. So kulit tetap ternutrisi tapi no over. jangan lupa pakai sunscreen dan minum air putih yang cukup. Soalnya percuma pakai skincare mahal. Kalo dari dalam gak di jaga. So no point. Jadi semuanya saling berkaitan. Healthy Inside Beauty Outside ❤

    yashia06@gmail.com
    0
    Reply
  • 31
    Widi Utami Ningsih
    Total8
    Spam
    Edit
    Delete
    7 Jun 2018 6:16 pm
    Aku 16 th udh pake micellar water, facial wash, moistyrizer sama sunscreen to gapernah facial soalnya buat kukit tipis

    widiutaminingsihh@gmail.com
    0
    Reply
  • 32
    DemenMaskeran
    Total3
    Spam
    Edit
    Delete
    12 Jun 2018 11:12 pm
    Guys please itu mitos. Anak2 di korea malah dari umur 7th udah pake sunscreen, sedini mungkin itu bagus ya asal produk yg dipake emg yg khusus utk anak remaja. Kalo makeup mungkin blm perlu krn masih sekolah.
    Email : beautyappetite@yahoo.com
    0
    Reply
  • 33
    Rika29
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    13 Jun 2018 10:48 am
    Kalau kata aku di usia 16 th boleh koq pakai skin care .. coba kalian pakai pelembab/moistruzer kaya ponds or garnier karna kata aku itu membantu banget karna melembahkan wajah dan jga harus pakai sun screen .. gak mau kan nanti baru umur 20 udah ada flek hitam karna sinar matahari .. kamu jga bisa beli pelembab yang udah spf nya dan yang paling penting rajin cuci muka pakai facial foam 2x sehari .
    0
    Reply
  • 34
    Valentia88
    Total13
    Spam
    Edit
    Delete
    13 Jun 2018 5:22 pm
    Hai, menurut aku perawatan wajah itu sudah dimulai dari kita kecil kok. Tentunya dengan cara mencuci muka dengan sabun, itu sudah merupakan bentuk perawatan. Menurut aku mencuci muka sudah harus dilakukan sedini mungkin. Lalu di usia pra-remaja sekitar 13 tahun sebaiknya sudah mulai menggunakan pelembab dan tabir surya ya. Nggak perlu pakai cushion, cukup produk pelembab biasa kayak Garnier terus sunscreen Emina juga sudah cukup kok.
    0
    Reply
  • 35
    karunia yolanda
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    13 Jun 2018 11:46 pm
    Yappss!! aku jawab yakk aku pernah tahu nih dr dokter kecantikan bahwa Umur yang tepat untuk memulai perawatan wajah itu adalah 14 tahun..kenapa? karena 14 tahun adalah Usia remaja Yang bahkan rentan terhadap Masalah Kulit wajah nih yang paling Umum terjadi itu JERAWAT. dikarenakan kulit remaja lebih gampang sensitif dan memiliki fluktuasi hormon Yang Berubah-ubah dibanding Usia 20-an Tapi? et ada tapinya Di umur 14 tahun pun tidak boleh terlalu memakai perawatan wajah yang berat..Skincare dr produk lokal yang Mengandung bahan ALAMI itu lebih baik drpda bahan KIMIA yg berat bgt di wajah kita. itu dapat menghambat proses pertumbuhan Kulit wajah remaja...
    Jadi? jawabannya 14 tahun yaa!
    semoga Membantu Guyss! :)


    EMAIL: YOLANDAJTK@GMAIL.COM
    0
    Reply
  • 36
    detriani
    Total1
    Spam
    Edit
    Delete
    14 Jun 2018 5:07 am
    Kamu harus mulai merawat kulit saat kamu mulai pubertas.
    0
    Reply
  • 37
    ningrum
    Total0
    Spam
    Edit
    Delete
    14 Jun 2018 12:04 pm
    Halo, girls. Boleh kok mulai dari sekarang. Perawatan wajah sekarang sudah macam-macam. Kamu bisa pilih perawatan wajah yang alami. Seperti masker buah dari alpukad, ketimun, atau tomat. Scrubing bibir menggunakan madu, minyak zaitun, dan gula. Boleh banget tuh. Perawatan itu harus dilakukan dari sekarang minimal ketika sudah remaja kan. Apalagi usinya sekarang 15 tahun. Cuma, kalau perawatan berlebihan seperti pakai produk yang kandungannya terlalu berat untuk kulit remajamu, sebaiknya jangan dulu. Apalagi sampai make up tebel. Mungkin perawatan yang dimaksud itu, tetap harus rajin cuci muka pakai facial foam. Pakai pelembab muka, lip balm, atau bedak tabur. Kan banyak tuh produk wajah untuk remaja. Disesuaikan aja yang aman bagi kulit kamu.

    Email : ningrummaimana@gmail.com

    #beautynesia #beautynesiaid #beautynesiagiveaway #beautynesiaforum
    0
    Reply
  • 38
    yoselyneunike
    Total1
    Spam
    Edit
    Delete
    14 Jun 2018 7:45 pm
    kalau aku sih mulai perawatan wajah sejak SMA, kalau SMP paling cuman cuci muka aja udah cukup.. walau waktu SMA pun cuman sebatas cleaser dan moistrizer haha.
    0
    Reply
  • 39
    Nirta nirmala
    Total1
    Spam
    Edit
    Delete
    15 Jun 2018 7:27 pm
    Menurutku usia 18tahun usia yang bagus untuk memulai perawatan soalnya usia tersebut kulit sudah mulai berkurang kelembabannya. Jadi, sebaiknya memakai skincare yang kandungannya tidak membuat kulit iritasi, ringan juga d kulit. Yang paling penting jaga asupan makanan, minum air putih yang cukup & tidur yang cukup.
    0
    Reply
Bookmark this forum
Comment

Popular Forum


Related Articles


Category Articles

Loading...

Recommended Articles

Recommended Forum

Weekly Popular

From Category