Makna Warna Merah

Menurut budayawan Tionghoa, David Kwa, warna merah itu memiliki makna kebahagiaan. Warna merah adalah unsur "yang" dan merupakan warna yang panas, api, serta matahari. Dengan begitu, warna tersebut diharapkan bisa memberikan suasana yang bahagia pada semua orang. Selain memiliki makna kebahagiaan, warna merah juga dikenal sebagai simbol kebaikan hati, kebenaran, dan juga ketulusan hati lho.
source: https://www.upi.com/


 

Harapan Di Tahun Baru

Imlek itu sendiri merupakan tahun baru Cina, maka dari itu warna merah menggambarkan pengharapan di tahun yang baru. Warna merah diharapkan bisa menggantikan semua kesedihan dan kegelapan yang kemudian digantikan dengan kebahagiaan. Menurut ahli feng shui, warna merah memiliki bunyi karakter "hung" yang berarti kemakmuran. Maka dari tiu, warna merah menjadi warna yang identik digunakan ketika perayaan imlek.
source: http://chinatown.co.uk/


 

baca juga

Perpaduan Merah & Emas

Perayaan imlek tidak hanya dipenuhi dengan warna merah saja, biasanya ada perpaduan antara warna merah dan warna emas. Sama halnya dengan warna merah, warna emas juga merupakan lambang kemakmuran. Maka dari itu kedua warna ini jika dipadukan bisa menjadi harapan untuk memberikan aura positif di tahun yang baru.
source: https://www.hercampus.com/


 

Bunga-Bunga Merah

Selain pernak pernik berwarna merah, biasanya ketika perayaan imlek rumah-rumah dihiasi dengan bunga-bunga berwarna merah untuk menyambut para tamu yang datang. Bunga tersebut melambangkan semangat kebahagiaan di tahun yang baru. Selain itu, ada kepercayaan nenek moyang bahwa jaman dulu orang-orang di desa Tiongkok wajib menggantungkan kertas-kertas berwarna merah di pintu dan dinding rumah. Hal tersebut dikarenakan kekhawatiran mereka akan Nian atau raksasa yang mendatangi desa. Warna merah itu sendiri ditakuti oleh Nian, maka dari itu mereka menggunakan warna merah sebagai hiasan.
source: https://www.tesselaarflowers.com.au/
Itu dia makna dibalik warna merah pada perayaan imlek. Berita unik seperti ini bisa membuat kamu memiliki pandangan yang berbeda pada suatu hal. Mungkin sebelumnya kamu hanya menyangka kalau warna merah memang merupakan warna yang digunakan untuk merayakan imlek, namun sebenarnya ada kisah dibalik warna itu sendiri. Buat kamu yang merayakan imlek, selamat tahun baru imlek ya, Beautynesian!