Penyebab Ketiak Hitam


Harus diakui bahwa memang banyak orang yang mengalami perubahan warna ketiak setelah menggunakan produk deodorant tertentu selama beberapa waktu. Perubahan warna ini diakibatkan oleh sisa-sisa deodorant yang menumpuk di ketiak. Sisa-sisa tersebut kemudian meinggalan alumunium yang kemudian bercampur dengan bakteri yang ada pada lipatan ketiak. Penyeban perubahan warna juga bisa disebabkan oleh kandungan minyak yang ada pada keringat dan kelenjar minyak. 
Selain disebabkan oleh produk deodorant tertentu, beberapa orang juga bisa mengalami perubahan warna ketiak sebagai efek dari pencukuran bulu ketiak. Pencukuran bulu ketiak ternyata dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit ketiak yang akan menyebabkan perubahan warna pada ketiak dan menimbulkan bintik-bintik hitam pada ketiak.

source: https://www.eyecandypopper.com

Mengatasi Ketiak Hitam


Jadi, pada dasarnya deodorant tidak dapat disalahkan menjadi satu-satunya penyebab ketiak hitam. Meskipun ketiak hitam sulit untuk dihindari, kamu bisa gunakan cara berikut untuk mencegah dan mangatasinya!
1. Pilih deodorant dengan bijak. Pilih deodorant yang memiliki kandungan yang dapat mencerahkan kulit. Jangan lanjutkan pakai deodorant yang tidak cocok dengan kulitmu apalagi yang menyebabkan iritasi.

source: http://www.thehealthsite.com/

2. Perhatikan ketika mencurukur bulu ketiak. Pakailah sedikit krim pencukur untuk meminimalisir kemungkinan iritasi.

baca juga

 3. Kamu juga bisa membuat ketiakmu lebih cerah dengan mengangkat sel kulit mati. Gunakanlah scrub alami secara rutin agar warna cerah ketiakmu tetap terjaga. Salah satu scrub yang paling ampuh adalah campuran lemon dan baking soda.

source: https://beauty.onehowto.com/

4. Hindari pakaian yang terlalu ketat. Memakai baju yang terlalu ketat akan membuat kamu sulit bergerak dan memungkinkan terjadinya gesekan antara pakaian dan kulit ketiakmu. Tanpa kamu sadar, kebiasaan ini juga bisa memicu ketiakmu berubah jadi lebih hitam.

5. Jika kamu merasa hiperpigmentasi yang terjadi pada kuli ketiakmu sudah tidak wajar. Segera konsultasikan ke dokter agar dapat mengetahui penyebab dan juga solusinya.

Nah ladies, pemakaian deodorant memang dapat menyebabkan ketiak jadi hitam. Tapi pada dasarnya hal ini bisa kamu kurangi dengan selalu menjada kebersihan ketiak dan menhindarinya dari iritasi.