1. Menyentuh Wajah Dengan Tangan

source: http://venuzbuzz.com
Menaiki kendaraan umum akan membuat tangan menyentuh beragam benda, pintu bus, jendela angkot, handle di bus Transjakarta, merupakan beberapa di antaranya. Tanpa Minasan sadari, banyak debu, kotoran, dan kuman yang bisa menempel di beragam benda-benda ini; dan dapat dengan mudah berpindah ke tangan Minasan. Bila tangan Minasan menyentuh wajah, maka debu, kotoran, dan kuman tersebut juga akan dengan mudah berpindah ke wajah Minasan. Dampaknya, seperti jerawat, tentu tidak akan menyenangkan dan nyaman.
Tangan adalah organ yang paling aktif bergerak berinteraksi dengan berbagai macam benda. Hal itu menyebabkan tangan banyak terkontaminasi baik oleh kotoran, bakteri, maupun kuman. Itulah sebabnya, bila kita sering menyentuh wajah dengan tangan dapat memindahkan bakteri yang ada di tangan ke wajahmu.
source: http://ristra.co.id

2. Memasukkan Barang Berharga di Saku Celana

source: http://corporatetravelsafety.com
Minasan sering merasa malas membuka tas lagi setelah mengeluarkan uang untuk ongkos, dan memilih mengantungkan dompet Minasan di saku celana? Hati-hati Minasan, kebiasaan ini bisa berdampak bahaya, lho. Jakarta dikenal dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi. Dompet atau telepon genggam yang diletakkan dalam saku celana bisa mengundang para copet untuk mencuri dompet Minasan. Tidak hanya mengundang copet, mengantungi dompet di saku celana, apalagi saat duduk, bisa membuat resiko Minasan mengalami gangguan tulang dan sendi meningkat, seperti gangguan wallet sciatica.
Kebiasaan duduk dengan mengantongi dompet di saku celana bagian belakang bisa memicu gangguan yang disebut wallet sciatica. Risikonya lebih besar jika bokong atau pantatnya tepos alias tidak terlalu tebal.
source: http://health.detik.com

3. Menggunakan Earphones Dengan Volume terlalu Keras

source: http://buzfeed.com
Mendengarkan musik saat dalam perjalanan berangkat ke kantor ataupun pulang ke rumah tentu merupakan kebiasaan yang sering dilakukan para pengguna kendaraan umum. Minasan bisa menjadi salah satunya. Walaupun cara ini efektif untuk menghadapi kebosanan, mendengarkan musik dengan headset atau headphones saat Minasan menaiki kendaraan umum bisa berbahaya, lho. Mendengarkan musik dengan headset dan dengan volume yang keras bisa merusak pendengaran. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat Minasan lengah dengan keadaan sekitar. Minasan bisa saja tidak menyadari adanya copet atau bahaya-bahaya di sekitar Minasan.

4. Tertidur Pulas tanpa Menjaga Barang Bawaan

source: http://twicsy.com
Menghabiskan waktu dengan tidur di perjalanan sudah menjadi kebiasaan bagi Minasan yang melalui perjalanan panjang dengan kendaraan. Namun ingat untuk selalu waspada dengan keadaan sekitar ya. Pastikan resleting tas tertutup rapat dan Minasan menjaga barang bawaan Minasan.

5. Lupa Memakai Deodoran atau Parfum

source: http://boldsky.com
Sepele namun ini penting untuk dilakukan. Bau badan yang tiba-tiba menyerang bisa menurunkan rasa percaya diri. Maka selalu sedia parfum di tas untuk berjaga jika kamu lupa menggunakan deodoran.