Langkah 1. Cuci Tangan atau Kaki

Jika kamu hendak memperbaiki kuku yang patah di tangan atau kaki, sebaiknya tangan atau kakimu harus dalam keadaan bersih. Kamu bisa mencuci dengan air hangat dan sabun. Kemudian keringkan dengan handuk bersih. Jangan lupa hati-hati agar patahan kuku tidak melebar dan memperparah kondisinya. 

source: http://lagizi.com


 

Langkah 2. Potong Selembar Pelindung Kuku

Untuk pelindung kuku, kamu bisa menggunakan lembaran kertas tebal di dalam peralatan khusus perawatan kuku dan potong selebar kuku yang akan kamu perbaiki. Kamu bisa menggunakan kantong teh, sapu tangan linen atau kertas saringan kopi sebagai life hacks untuk melapisi kuku yang patah. Bahan yang kamu gunakan harus cukup lebar utnuk melapisi patahan kuku.

source: http://dailywuz.com


 

baca juga

Langkah 3. Gunakan Lem Kuku Sebagai Perekat

Untuk merekatkan pelindung kuku ke atas kuku yang patah, kamu bisa mengoleskan sedikit lem super atau lem kuku ke permukaan kuku. Ratakan dengan ujung tabung lem ke seluruh permukaan kuku. Lalu gunakan penjepit untuk meletakkan potongan bahan tersebut ke atas lem di permukaan kuku. Jika kamu menggunakan peralatan perawatan kuku, kamu bisa menggunakan cairan perekat di dalamnya sebagai pengganti lem dan oleskan menggunakan kuas yang juga tersedia. Jangan sampai bahan pelindung kuku mengerut, kamu bisa meratakan dengan penjepit. Jika perlu, gunakan gunting kuku kecil atau gunting biasa untuk memotong bahan yang tersisa.

source: https://id.wikihow.com


 

Langkah 4. Oleskan Kembali Lem Kuku di Atas Bahan Pelindung Kuku

Setelah bahan pelindung kuku berhasil terpasang, teteskan sedikit lem lagi ke permukaan bahan pelindung kuku dan ratakan ke sekitarnya menggunakan ujung tabung lem. Cobalah untuk meratakannya hingga sehalus mungkin.


 

baca juga

Langkah 5. Potong dan Kikir Kuku

Setelah lem mengering dan bahan pelindung kuku mereka dengan sempurna, kamu bisa memotong maupun mengikir kuku agar terlihat lebih rata dan halus. Gunakan sisi yang lebih halus terlebih dahulu, kemudian lanjutkan dengan sisi pengilap kuku. Agar lebih efektif dan mendapatkan hasil terbaik, gerakkan kikir ke satu arah.
source: https://id.aliexpress.com


 

Langkah 6. Oleskan Cat Kuku Tanpa Warna

Langkah ini adalah langkah opsional. Jika kamu ingin menjaga agar life hacks yang satu ini tetap awet dan menjaga kuku tetap sehat, kamu bisa mengoleskan cat kuku tanpa warna sebagai top coat ke atas permukaan kuku. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan kuku yang patah serta menjaganya agar tidak kembali patah. Sebaiknya biarkan lem mengering semalaman sebelum menimpanya dengan cat kuku untuk mencegah timbulnya gelembung atau permukaan kuku yang tidak rata.
source: http://www.joaoalberto.com