Membayar Utang

Ketika masih menjadi mahasiswa atau selama menganggur mungkin kamu pernah mengalami yang namanya hutang piutang. Nah kalau kamu ternyata masih ada tanggungan hutang pada teman atau saudara maka hal pertama yang menjadi prioritas adaalh membayarnya terlebih dahulu. Melunasi hutang adalah kewajiban dan akan memberi kamu kebebasan untuk meraih tujuan finansial selanjutnya. 

 

source: https://www.nextavenue.org


 

Sisihkan untuk Orang Tua dan Saudara

Orang tua mana sih yang tidak bangga melihat anaknya sukses dan mulai mandiri. Meskipun orang tua tidak mengharapkan imbalan berupa materi dari anak, namun kita sebagai anak juga punya kewajiban menyisihkan sebagian penghasilan untuk orang tua. Kesuksesan dan pekerjaan yang kamu raih tentunya tak lepas dari peran orang tua, bukan? Tak hanya untuk orang tua, namun ingat juga adik atau kakak. Bagaimanapun, dapat memberikan sesuatu kepada mereka dengan gaji pertama kamu akan menjadi kebahagiaan tersendiri. 

 

source: https://beritagar.id


 

baca juga

Zakat atau Amal

Jika sebagai mahasiswa kamu kurang beramal dengan alasan belum punya penghasilan sendiri, maka inilah saatnya. Bahkan ajaran agama tertentu menyatakan bahwa dari setiap penghasilan harus disisihkan 2,5 % untuk zakat. Ingatlah bahwa di setiap rezeki yang kamu dapatkan, ada hak orang lain di sana. Jadi, jangan lupa untuk selalu berbagi kepada sesam yang membutuhkan ya, Beautynesian!

 

source: https://www.halomoney.co.id


 

Menabung dan Berinvestasi

Ketika masih menjadi mahasiswa mungkin kamu tidak terbiasa atau sulit menabung karena hanya mendapat jatah pas-pasan dari orang tua. Namun, ketika kamu sudah menerima gaji pertama, baik itu banyak atau sedikit tetaplah sisihkan untuk menabung dan akan lebih baik lagi jika kamu merencanakan sebuah investasi jangka panjang.

Menabung dan berinvestasi bisa dimulai dari nominal kecil namun konsisten. Misalnya, cukup engan menyisihkan 10% - 20% dari gaji kamu. Meskipun kamu masih mulai bekerja, namun kamu juga harus mulai mempersiapkan masa depan. 

 

source: http://blog.chsbuffalo.org


 

baca juga

Traktir Diri Sendiri

Dapat membeli sesatu dari gaji pertama tentu rasanya berbeda dan sangat membanggakan. Tidak salah kok kalau kamu juga menikmati gaji pertama untuk diri kamu sendiri. Namun tentunya setelah beberapa prioritas terpenuhi seperti membayar kos misalnya atau kebutuhan bulanan untuk diri kamu sendiri.

Setelah itu kamu bisa menikmati gaji pertama untuk memenuhi hobi kamu atau membeli barang yang selama ini kamu inginkan. Misalnya membeli buku, membeli baju, sepatu atau tas, ke salon dan bahkan jalan-jalan atau menonton film. Asalkan kamu harus tetap menjaga pengeluaran jangan sampai over budget ya! Karena kamu harus ingat juga untuk menyisihkan kebutuhan kamu dalam 1 bulan termasuk makan, kos atau transportasi.
 

source: http://www.wallpapermania.eu


 

Mentraktir Teman-teman

Tak hanya diri sendiri, terkadang teman juga minta ditraktir dengan gaji pertama kamu kan? Lakukan hal ini jika memang ada budget tersendiri. Jangan terlalu dipaksakan karena kamu masih bisa kok mentraktir teman dengan gaji kedua. Mungkin untuk gaji pertama kamu bisa mentraktir teman paling dekat saja. Selanjutnya kamu bisa mentraktir lebih banyak teman setelah menerima gaji kedua. 

 

source: https://audreyfat.blogspot.co.id