Gula

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa membuat penyebab utama pada kulit yang kusam. Selain itu, kulit juga menjadi lebih tidak sehat ketika kamu mengonsumsi gula berlebih. Jangan sampai kamu mendapatkan keriput pada usia yang dini karena gula. Hal tersebut dikarenakan kadar gula yang tinggi bisa mempengaruhi jaringan kolagen, dengan begitu kulit menjadi lebih lemah dan menjadi mudah kusam serta keriput.
source: http://www.lifebridgeblogs.org/


 

Daging Merah

Daging merah memang sedap untuk disantap dengan berbagai cara. Namun jika kamu terlalu sering mengonsumsi daging merah, hal tersebut bisa menimbulkan reaksi peradangan tubuh. Daging merah bisa menghasilkan radikal bebas yang bisa mengalahkan anti oksidan yang ada dalam tubuhmu. Dengan begitu, wajah bisa menjadi lebih berminyak dan bisa terlihat lebih kusam.
source: https://www.healthline.com/


 

baca juga

Makanan Olahan

Hampir semua orang pasti menyukai makanan olahan. Namun ini menjadi salah satu penyebab utama wajah yang kusam. Apalagi jika kamu sering mengonsumsi makanan kaleng yang cenderung rendah serat dan bisa meningkatkan kadar glikemik yang mudah banget membuat wajahmu menjadi lebih kusam. 
source: https://koranyogya.com/


 

Garam

Makanan yang asin dan gurih memang cenderung lezat. Tapi jika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebihan, bisa-bisa tekstur kulitmu menjadi lebih cepat rusak. Jika kamu memang menyukai makanan yang gurih, pastikan kamu tidak menggunakan garam terlalu banyak. Gunakan saja secukupnya agar tidak merusak kulitmu, Beautynesian.
source: https://naturalon.com/


 

baca juga

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang cocok untuk menemani segala jenis makanan. Tapi minuman yang satu ini merupakan minuman yang paling mudah merusak kulitmu. Kandungan kafein yang terlalu tinggi pada soda bisa menjadi penyebab utama pada penuaan dini. Terlalu sering mengonsumsi minuman bersoda juga membuat kulitmu menjadi kusam dan tidak segar.
source: https://images.agoramedia.com/
Kelima makanan dan minuman di atas merupakan penyebab kulit kusam. Mulai sekarang, kamu bisa mulai menghindarinya. Jika ingin mengonsumsinya tidak ada, namun pastikan kamu tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Jangan sampai kamu sudah rajin merawat wajah dengan clay mask secara rutin agar wajah tidak kusam tapi tetap mengonsumsi makanan seperti ini. Bisa-bisa wajahmu akan tetap kusam dan menjadi lebih tidak sehat, Beautynesian!