1. Ganti nasi dengan bubur!

Teknik sempurna untuk mengurangi porsi makanmu namun tetap merasa kenyang! Bubur akan mengembang di dalam perutmu sehingga membuatnya cepat merasa kenyang.
source: http://www.asianfoodfast.com/japanese-rice-porridge-okayu/
bagi Anda yang tengah menjalankan diet bubur menjadi penunjang diet yang sehat karena dapat membuat Anda kenyang lebih lama.
source: http://www.jawaban.com/read/article/id/2015/04/06/10/150406104738/Alasan-Dokter-Anjurkan-Sarapan-Bubur-Dibanding-Sereal

2. Tambahkan sup ke dalam menu makanmu

Sudah ada sup dalam menu makanmu? Jika belum, mulai sekarang masukkan sup menjadi salah satu menu wajib dalam menu dietmu. Sup hangat dapat menenangkan rasa lapar dan membuatmu merasa kenyang.
source: https://www.pinterest.com/pin/358388082820026174/
Menurut penelitian di Pennsylvania State University, perempuan yang menikmati nasi dan sup ayam saat sarapan akan menikmati makan yang punya 100 kalori lebih rendah saat makan siang. Sup bisa membuat Anda kenyang lebih lama karena banyak mengandung serat dari sayuran. Selain itu kandungan protein dari ayam juga akan membantu mengeyangkan perut.
source: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150511130308-262-52503/makanan-sehat-yang-buat-anda-merasa-kenyang-lebih-lama/7/

3. Tambahkan "volume" makanan

source: http://www.foodista.com/food/JL7DBBMP/potato-starch
Dengan menambahkan "volume" dalam makanan, kamu bisa meningkatkan rasa kenyang. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menambahkan potato strach atau tepung kentang dalam sup atau lauk yang kamu makan. Dengan begitu kamu bisa makan dengan porsi lebih sedikit sekaligus merasa kenyang :)

4. Potong sayuran dalam ukuran besar

source: http://www.nextavenue.org/cookbook-clubs-delicious-way-socialize/
Memakan sayuran dengan potongan besar akan membuatmu mudah merasa kenyang daripada makan sayuran dengan potongan kecil. Mungkin rasa kenyang datang karena potongan yang besar akan membuat porsi makanmu terlihat banyak? ;)

5. Jangan terlalu menghindari minyak

Walaupun minyak merupakan sumber lemak yang harus dihindari saat diet, tapi ingat, tubuhmu juga butuh lemak karena kekurangan lemak justru akan membuatmu mudah lapar! Setidaknya tubuhmu butuh satu sendok makan minyak setiap harinya. Mau yang sehat? Bisa ganti dengan minyak zaitun kok :D
source: http://homecookingrocks.com/cooking-oil-a-chefs-secret-weapon/
makanan berlemak membuat kenyang karena jumlah insulin yang diproduksi tidak sebesar jika yang dimakan hanya karbohidrat saja, sehingga glukosa dalam darah tetap tinggi dan kita selalu merasa kenyang.
source: https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20101109063237AA0h10D

6. Kunyah makananmu dengan baik

Perut akan merasa kenyang dalam 20 menit. Jadi kunyah makananmu dengan baik dan perlahan agar kamu bisa merasa kenyang walaupun makan dengan porsi yang kecil. Mengunyah makanan sampai lembut juga membantu kerja lambung agar lebih sehat.
source: http://weekend.levif.be/lifestyle/culinaire/10-tendances-a-tenir-a-l-oeil-en-2013/article-normal-343827.html
Ingat otak membutuhkan waktu 20 menit menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi tidak peduli apa yang Anda makan, pastikan Anda makan perlahan dan mengunyah dengan benar untuk memperpanjang waktu makan.
source: http://www.hdindonesia.com/tips-sehat/sedikit-dan-sehat-untuk-jaga-berat-badan
Semoga trik di atas bisa membantu program diet yang sedang kamu jalani, ya!