6. Tidak segera mengeringkan keringat

source: http://reps-id.com/jogging-di-bulan-puasa-dan-mengenal-track-joggingnya-di-jakarta/
Tahukah kamu bahwa punggung memiliki banyak sekali pori-pori? Inilah salah satu sebabnya bagian ini mudah sekali berkeringat. Pori-pori kulit yang berkeringat akan terbuka lebar sehingga memungkinkan masuknya bakteri dan kuman yang kemudian berujung timbulnya masalah seperti jerawat. Jadi jangan lupa keringkan kulit dan segera ganti pakaianmu setelah berolahraga, ya!

7. Tidur telentang

source: https://hensos4ever.wordpress.com/2011/05/27/gaya-tidur-anda-dapat-memperpanjang-umur-anda/
Posisi tidur telentang memungkinkan punggung bersentuhan langsung dengan tempat tidur sehingga keringat yang keluar dari punggung tak bisa langsung menguap dan kering. Ganti posisi tidurmu atau keringkan punggung setelah bangun tidur dan segera pergi mandi agar jerawat tak sempat muncul!

8. Mungkin kulitmu tak cocok dengan deterjen yang kamu pakai?

source: http://www.silmaco.com/applications?p_p_id=122_INSTANCE_6pVQ9TZoMqdx&p_p_lifecycle=0&p_p_state=normal&p_p_mode=view&p_p_col_id=column-1&p_p_col_count=1&p_r_p_564233524_resetCur=true&p_r_p_564233524_categoryId=11308
Jika kamu sudah membersihkan punggung dengan baik namun jerawat masih saja muncul, mungkin kamu pemilik kulit sensitif terhadap deterjen atau pelembut pakaian tertentu. Coba gunakan deterjen dan pelembut pakaian yang telah lulus uji alergi untuk menghindari efek buruk terhadap kulitmu.

9. Malas menggunakan body lotion

source: http://feelgoodstyle.com/2012/08/17/johnson-johnson-cleaning-up-its-ingredients-by-2015/
Body lotion tak hanya dibutuhkan oleh bagian tubuh yang tampak saja, tapi bagian yang tertutup seperti punggung juga membutuhkannya. Bagian tubuh yang sering kali bergesekan langsung dengan pakaian seperti punggung akan menjadi mudah kering, jadi jangan lupa gunakan lotion di bagian punggungmu juga, ya :)

10. Lupa mengganti sprei

source: http://www.laundryservices.com.sg/blog/how-often-should-we-change-our-bed-sheets.html
Tubuh akan mengeluarkan keringat saat tidur. Bayangkan saja jika kamu tidur berhari-hari di atas sprei dan sarung bantal yang berkeringat itu�ctentu jerawatmu tak akan sembuh! Hal ini juga berlaku untuk jerawat di wajahmu yang tak kunjung sembuh. Jadi usahakan mengganti sprei dan sarung bantalmu maksimal 2 minggu sekali, ya!
Belum sempat baca part 1? Klik link berikut ini, ya!

10 Hal yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung (Part 1)
URL:   http://matomeindo.com/curator/6