1. Mungkin kamu tidak menggosok punggung dengan benar?

source: http://www.pyshuangji.cn/offer/38273032203.html
Punggung memang bagian yang sulit dijangkau oleh tangan, tapi bukan berarti kalian boleh melewatkan bagian yang satu ini untuk dibersihkan, ya. Punggung adalah bagian yang paling sering berkeringat sehingga jerawat mudah timbul jika punggung tak dibersihkan dengan baik. Gunakan handuk atau sikat khusus punggung agar mudah membersihkannya :)

2. Mencuci rambut setelah mandi

source: http://cepatupdate.blogspot.com/2014/01/keramas-bisa-membuat-rambut-rusak.html
Salah satu penyebab jerawat punggung adalah sisa sabun atau shampo yang tak dibilas dengan baik, terutama shampo dan kondisioner yang kandungan pelembabnya lebih banyak daripada sabun mandi. Urutan yang benar adalah mencuci rambut, wajah, dan terakhir badan. Jangan lupa gunakan jepit rambut agar memudahkanmu saat mandi.

3. Rambut basah yang menempel pada punggung

source: http://www.dw.de/mitos-tentang-rambut/g-18129668
Jauhkan rambut yang basah setelah keramas dari punggungmu! Sisa pelembut pada rambut tak baik jika menempel langsung pada kulit karena bisa menimbulkan jerawat. Nah, untuk menghindari hal ini, sebaiknya lapisi punggung dengan handuk jika ingin mengeringkan rambutmu setelah mandi, ya ;)

4. Tidak menggunakan sunscreen pada punggung

source: http://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/9-tips-to-protect-your-skin-this-summer/
Punggung yang letaknya di bagian belakang bukan berarti tak butuh perhatianmu. Jika bagian yang mudah berkeringat ini sering terpapar matahari, hasilnya jerawat akan mudah timbul. Jadi pastikan kamu memakai sunscreen sampai ke bagian punggung untuk menghindari efek buruk sinar UV sebelum keluar rumah!

5. Terlalu banyak makanan manis

source: http://www.bhmpics.com/sweet_cupcake-wallpapers.html
Buat kamu penggemar manis dan makanan berlemak, sebaiknya hati-hati! Seperti jerawat yang mudah muncul di wajah, jerawat juga mudah muncul di bagian punggung. Jadi mulai sekarang kurangi makanan manis dan berlemak, lalu ganti dengan sayur dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin.
Tak disangka rambut juga bisa menjadi penyebab jerawat, ya! Klik link berikut ini untuk melihat part 2.

10 Hal yang Bisa Menyebabkan Jerawat Punggung (Part 2)
URL:   http://matomeindo.com/curator/6