1. Tidur di cafe

Menunggu teman yang tak kunjung datang sambil menyeruput segelas kopi boleh-boleh saja, asal jangan sampai ketiduran ya. Selain tidak enak dilihat, atmosfer cafe yang semula rileks akan berubah menjadi cafe yang bikin ngantuk. Kalau tidak kuat lagi menahan kantuk, lebih baik segera pulang ke rumah.
source: http://www.huffingtonpost.com/2014/04/13/yawn-science-body_n_5111769.html

2. Telepon

Cafe biasanya dijadikan tempat untuk bersantai bagi sebagian orang. Tapi bagaimana jadinya kalau Minasan menggunakan cafe sebagai tempat untuk menelepon teman, apalagi dengan suara yang keras sehingga mengganggu meja sebelah? Kalau ingin menerima telepon, lebih baik lakukan di luar daripada mengganggu pelanggan lainnya.
source: http://hybrid-renai.com/?p=419

3. Berbicara dengan suara keras

Hang out di cafe paling enak dengan para sahabat! Tapi yang namanya cewek kalau sudah kumpul, pasti makin heboh dan cenderung ngomong dengan suara yang keras. Sebaiknya hindari berbicara terlalu keras terutama saat berada di cafe yang menjual suasana tenang agar tidak mengganggu orang lain. Minasan juga bisa duduk di bagian pojok agar suara yang keras tidak sampai mengganggu pelanggan lainnya.
source: http://girl.sugoren.com/report/1968/

4. Duduk tidak sesuai tempatnya

Yang satu ini mungkin tanpa disadari sering dilakukan oleh orang banyak. Datang sendiri tapi berlama-lama duduk di meja untuk berempat juga tidak baik lo. Kalau memang datang sendiri dan berniat lama sebaiknya duduk di kursi untuk 2 orang atau di bagian pojok agar pelanggan lain yang datang nantinya bisa kebagian tempat duduk.
source: http://tabelog.com/hokkaido/A0101/A010204/1034025/

5. Berlama-lama pakai laptop

Ingat, cafe bukan sumber listrik gratis. Minasan boleh saja memakai internet atau mengerjakan pekerjaan dengan laptop saat di cafe, tapi jangan berlebihan sehingga menguras pemakaian internet dan listrik di cafe. Jika sudah tidak dipakai, sebaiknya laptop dimatikan dan jangan dibiarkan menyala terus-menerus.
source: http://www.vvj.asia/article/483971

6. Tak kunjung keluar

Tak ada peraturan yang membatasi pelanggan harus keluar setelah beberapa jam berada di cafe. Namun jika pengunjung makin ramai dan tempat duduk sudah mulai penuh, tidak ada salahnya mengambil inisitaif untuk pergi lebih awal jika sudah selesai makan. Tentunya Minasan akan mendapat senyuman terima kasih dari pelanggan dan pelayan dengan melakukan hal ini.
source: http://trilltrill.jp/lifestyle/articles/19015

7. Mengotori meja dan kursi

Makan dengan teman enaknya nyicipin menu masing-masing! Eits, tapi hati-hati agar jangan sampai mengotori peralatan di cafe. Kalau meja mungkin masih bisa dilap oleh pelayan setelah kita keluar nanti, tapi kalau makanannya jatuh hingga mengotori kursi atau sofa kasihan tamu yang berikutnya duduk di situ 'kan? Sebisa mungkin jaga etika saat makan agar tidak terlalu mengotori meja.
source: http://mery.jp/15408
Biasakan untuk menghindari hal ini dan menjadi customer yang smart! Tentunya para pelayan akan mengucapkan "terima kasih" saat Minasan keluar dari cafe nanti. Hihihi!