Tidur cepat, bangun pagi

Kalau Minasan menerapkan kebiasaan yang baik ini, tubuh akan menjadi lebih mudah langsing. Karena kualitas tidur yang baik dapat membantu sekresi hormon serotonin dan hormon pertumbuhan lebih banyak.
source: http://www.express.co.uk/life-style/health/466104/Mindful-secret-to-weight-loss-good-sleep-and-easy-exercise
Hormon tersebut dapat meningkatkan kebahagiaan dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, kalori yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas juga akan meningkat dan lebih efektif melangsingkan badan jika olahraga di pagi hari.

Apakah makan pagi itu harus?

Banyak orang beranggapan skip makan pagi bisa membuat tubuh lebih cepat langsing. Tapi, dengan skip makan pagi dan langsung makan banyak saat makan siang dapat membuat kadar insulin dalam tubuh meningkat. Jika ini terjadi, kadar gula berlebihan dalam tubuh akan tersimpan sebagai lemak dan justru lebih mudah gemuk. Lebih baik bangun pagi, mandi dan sarapan!
source: http://www.theglow.com.au/uncategorized/is-skipping-breakfast-bad/
Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan memerlukan tingkat konsentrasi insulin yang lebih tinggi untuk merubah glukosa menjadi energi. Tetapi, jika Anda makan pagi dan makan siang, reaksi insulin yang diperlukan hanya 28% nya, dan kadar gula dalam darah hanya meningkat sebanyak 12%.
source: http://www.dm-net.co.jp/healthdayjapan/2013/06/020352.php

Olahraga di pagi hari lebih efektif

Perhitungan kalori penting untuk diet, tapi mengatur hormon agar tetap stabil juga penting. Inilah salah satu alasan mengapa olahraga di pagi hari lebih baik karena saat itu sekresi hormon pertumbuhan dan hormon serotonin meningkat sehingga kalori yang dibakar lebih besar.
source: http://bijinrecipe.com/kenko/1301/

Ketahui timing sekresi hormon yang tepat

Lalu bagaimana cara mengetahui kapan hormon pertumbuhan ini diproduksi oleh tubuh? Jawabannya adalah, saat tidur dan setelah olahraga. Karena itulah, tidur cukup dan kualitas tidur yang baik sangat penting untuk diet agar dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan ini.
Secara umum, hormon pertumbuhan disekresikan saat kita tidur pada 3 jam pertama tidur. Jika tidur jam 10 malam, maka sekresi maksimal sampai jam 1 malam. Begadang sudah jelas akan mengganggu sekresi hormon pertumbuhan.
source: http://tubuhtambahtinggi.blogspot.com/2015/01/cara-merangsang-hormon-pertumbuhan.html
source: http://lealta.jp/sleep-pressure/
Latihan dengan intensitas yang tinggi dengan interval waktu istirahat yang singkat telah diteliti dan mampu meningkatkan pembentukan hormon pertumbuhan. Selain itu, senam yoga juga demikian. Begitu juga senam aerobik.
source: http://tubuhtambahtinggi.blogspot.com/2015/01/cara-merangsang-hormon-pertumbuhan.html
source: http://www.cheatsheet.com/life/rise-and-shine-3-morning-yoga-routines-to-boost-energy.html/?a=viewall

Jangan lagi begadang

Tidur malam lalu bangun siang dengan jumlah jam tidur yang sama tidak apa-apa 'kan?

Eits, jangan salah. Sekresi hormon serotonin yang juga turut serta membantu berat badan turun ini akan lebih optimal jika tubuh terkena cahaya matahari. Walaupun jumlah jam tidur sama, bangun siang akan membuat tubuh terkena cahaya matahari untuk waktu yang lebih sedikit. Selain itu, kebiasaan ini akan membuat sekresi hormon melatonin berkurang yang justru dapat mengurangi kualitas tidurmu.
source: http://www.popsugar.com/fitness/Reasons-You-Dont-Get-Restful-Night-Sleep-18361695
Ayo rubah kebiasaan Minasan jadi lebih sering bangun pagi agar diet terasa lebih mudah dan efektif!