Corduroy

Corduroy (korduroi) adalah bahan pakaian yang terbuat dari kain kapas tebal dan terdiri dari serat yang dipuntir. Teksturnya seperti garis-garis kain dan halus. Jika kamu mempunyai pakaian dengan bahan corduroy sebaiknya diuap, jangan disetrika atau jika terpaksa karena tidak memiliki steamer, setrika dari sisi dalamnya saja agar lipatan pada kain tidak rusak.

 

source: https://id.pinterest.com


 

Brokat

Brokat merupakan salah satu bahan pakaian yang pembuaannya menyerupai tenun dan kaya akan dekoratif. Biasanya brokat terbuat dari hasil bordiran bahan warna emas, sutra dan perak. Seringkali pemilik pakaian dengan bahan brokat memanfaatkan jasa dry cleaning karena memang bahan brokat tidak mudah untuk disetrika apalagi brokat yang memiliki banyak payet. Namun, jika bukan di kota besar biasanya susah dijumpai adanya dry cleaning. Jadi, jika kamu terpaksa harus disterika sendiri, maka atur suhu setrikaan pada suhu rendah dan jangan langsung menempelkan setrika pada permukaan bahan brokat tapi gunakan selembar kain sebagai alas agar tidak merusak bahan brokat.

 

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Wol

Wol adalah bahan pakaian yang cukup tebal, kuat dan memiliki daya serap keringat yang tinggi. Sebenarnya pakaian dengan bahan wol memang tidak perlu disetrika, karena teksturnya tidak mudah kusut. Jika terpaksa harus menyetrika, maka gunakan setrika uap. Namun bila tidak ada setrika uap bisa juga menggunakan setrika biasa dengan tetap mengatur suhunya, jangan digosok melainkan cukup ditekan-tekan saja, gunakan kain sebagai alas (jadi setrika tidak langsung menempel pada wol).

 

source: https://id.pinterest.com


 

Jersey

Jersey bukanlah jenis kain yang mudah kusut. Jenis kain jersey kerap dipakai sebagai bahan dasar kaos bola. Karena tidak mudah kusut, maka kamu juga tidak perlu terlalu sering menyetrikanya. Kalaupun harus menyetrika tidak boleh terlalu panas karena akan membuatnya mengkilap atau bahkan rusak. Dalam menyetrika juga tidak perlu digosok, cukup ditekan-tekan saja bagian yang kusut. 

 

source: https://id.pinterest.com


 

baca juga

Polyester

Jenis kain lainnya yang seharusnya tidak disetrika adalah polyester. Polyester merupakan salah satu jenis kain yang banyak digunakan untuk jaket ataupun pakaian seragam olahraga. Memang hampir mirip dengan jersey, namun polyester kualitasnya jauh dibawah jersey. Sebenarnya polyester tidak mudah kusut, namun jika sudah tampak sangat kusut dan terpaksa harus disetrika, maka lihat dulu cara setrika pada label pakaian. Biasanya untuk menyetrika kamu hanya perlu suhu rendah, karena jika terlalu panas akan merusak pakaian. 

 

source: http://bajudresskorea.com