1. Selektif Memilih Penjual yang Terpercaya

Sekarang ini banyak juga online shop yang melakukan jual beli kosmetik preloved. Meskipun preloved dan harganya lebih murah, kamu juga harus tetap membelinya pada orang atau tempat yang terpercaya. Hal ini agar kamu tidak kecewa dan rugi nantinya. Agar mendapatkan kosmetik preloved yang masih berkualitas, belilah pada penjual yang memang benar-benar sudah terpercaya, jujur, dan memiliki track record baik yang biasanya bisa kamu nilai dari komentar-komentar orang yang sudah pernah membeli sebelumnya.

 

source: https://www.bukalapak.com

2. Selektif Memilih Produk

Selain selektif memilih penjual, kamu juga harus selektif memilih produk kosmetik preloved yang akan kamu beli. Untuk keamanan dan kehigienisan, sebaiknya pilih produk yang penggunaannya tidak bersentuhan langsung dengan kulit, seperti produk yang dikemas dalam bentuk pump, tube atau bisa juga dalam kemasan botol. Pilih kosmetik yang masih dalam kondisi baik atau baru beberapa kali dipakai. Usahakan juga membeli kosmetik asli bukan KW. 

 

source: https://miignon.com
baca juga

3. Baca dan Lihat Baik-Baik Kondisi Barang

Salah satu syarat dalam jual beli kosmetik preloved adalah menyertakan keterangan tentang kondisi barang. Pilih kosmetik dengan kondisi minimal 80% atau sudah 20% terpakai dan baru digunakan beberapa kali saja. Selain itu, perhatikan dengan baik kemasannya sehingga dapat terlihat bagaimana si penjual menjaga barangnya. Jangan beli kosmetik preloved yang kemasannya kotor dan tidak rapi. Kesimpulannya, meskipun lebih murah, pilihlah produk yang masih layak pakai dan dijaga oleh pemilik sebelumnya sehingga kamu merasa nyaman dan aman ketika menggunakannya.

 

source: http://jessicasusanto87.blogspot.co.id

4. Cari Tahu Harga Pasaran Produk yang Akan Dibeli

Kamu tidak mau kan membeli barang preloved tapi ternyata kemahalan? Sebaiknya kamu survey harga dulu produk yang akan kamu beli harga barunya di pasaran berapa. Dari situ kamu bisa tahu kira-kira harga produk preloved yang akan kamu beli harganya sesuai atau tidak. Pastikan juga barangnya asli, bukan KW ya!

 

source: https://www.freepik.com
baca juga

5. Cek Tanggal Produksi atau Exipred

Tak hanya makanan, kosmetik juga memiliki expired date yang harus dipatuhi. Beberapa brand kosmetik ada yang menuliskan secara detail tanggal, bulan dan tahun expired. Terkadang ada juga yang hanya menunjukkan dengan bulan, sepert misalnya jika dalam sebuah produk terdapat keterangan 12M, artinya produk tersebut bisa bertahan selama 12 bulan pemakaian setelah dibuka. 

 

source: https://id.pinterest.com

6. Beli Makeup Preloved yang Bisa Disterilkan dengan Makeup Sanitizer

Mengingat produk kosmetik banyak yang bersentuhan langsung dengan kulit, hendaknya pilih kosmetik preloved yang bisa disterilkan dengan makeup sanitizer. Hal ini untuk meminimalisir risiko kesehatan.

source: https://theprohygienecollectionblog.wordpress.com