Lavender

Life hacks mengatasi stres yang pertama adalah menggunakan aromaterapi lavender. Aroma bunga satu ini sangat populer digunakan sebagai aroma pereda stres karena dapat meredakan syaraf-syaraf yang tegang, membantu mengatasi perasaan tertekan, cemas, bingung, kelelahan, gelisah dan tekanan mental lainnya. Misalnya nih saat kamu dilanda kelelahan setelah bekerja seharian, maka saat di rumah bisa kamu gunakan aromaterapi lavender ini untuk membuat tubuh kamu lebih relax dan tenang. Selain itu, menghirup aromaterapi lavender mampu mengobati sakit kepala, migrain, insomnia dan hipertensi dan lainnya. Kamu bisa memakainya sebagai minyak pijat atau tambahkan beberapa tetes ke diffuser atau bahkan dioleskan pada bantal agar tidurmu lebih pulas.

 

source: http://luxedayspasoho.com

Chamomile

Apakah kamu pernah melihat seseorang minum teh chamomile? Ya, chamomile memang bermanfat untuk meredakan stres, menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih pulas. Selain dimanfaatkan sebagai teh, chamomile juga dimanfaatkan sebagai minyak esensial aromaterapi. Bangsa Romawi memanfaatkan minyak chamomile untuk menenangkan stres sebelum berperang. Minyak aromaterapi dapat diekstrak dari chamomile Romawi dan chamomile Jerman yang dicampur pada minyak pijat, terapi uap atau dengan losion dan krim.

 

source: https://skyticket.jp
baca juga

Mawar

Aromaterapi sebagai life hacks untuk mengatasi stres dari ekstrak bunga lainnya adalah mawar. Aromaterapi yang terbuat dari mawar bisa mengurangi stres, sakit kepala dan depresi. Oleh karena itu, aromaterapi mawar ini sering digunakan pakar kesehatan dan kecantikan sebagai sarana terapi mereka. Mawar yang dijuluki sebagai ratu tanaman aromatik ini juga memiliki efek menyehatkan jantung serta meningkatkan sistem peredaran darah dan kinerja syaraf.

 

source: http://health.kompas.com

Melati

Selain mawar, ada ekstrak bunga lainnya yang juga sering dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Selama ratusan tahun, melati dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi kondisi psikis, seperti stres, kecemasan, insomnia dan depresi. Aromaterapi dari melati dipercaya membantu mengelola stres, menenangkan syaraf dan meningkatkan suasana hati. Kamu bisa meneteskan minyak esensial melati untuk mandi, untuk vaporizer atau untuk memijat.

 

source: https://www.fragrantica.com
baca juga

Vanila

Selain bunga, aromaterapi vanila juga menjadi favorit dan terbukti mampu meredakan stres. Wangi vanila yang dianggap mudah diterima siapapun ini mempunyai efek menenangkan, meningkatkan fungsi otak, menyembuhkan depresi dan bisa juga meringankan rasa sakit saat menstruasi atau mual pada ibu hamil.

 

source: https://disehat.com

Peppermint

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai teh maupun permen, peppermint ternyata juga ampuh untuk meredakan stres. Aromaterapi dari peppermint akan membantu meningkatkan memori dan kewaspadaan serta sebagai pembangkit energi bagi yang sedang mengalami kelelahan, sibuk dan stres akibat beban kerja menumpuk. Menghirup aroma pepppermint akan membantumu menjernihkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. 

 

source: https://thetruthaboutcancer.com

Rosemary

Stres yang bisa berujung pada gangguan pencernaan juga bisa diatasi dengan aromaterapi dari rosemary lho! Aroma rosemary ini akan membuat kamu lebih tenang, relax, bahkan bisa memperbaiki mood kamu karena kerjanya menurunkan tingkat kortisol atau biasa disebut hormon stres yang terbentuk saat stres. Minyak esensial rosemary juga berkhasiat sebagai antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif dan membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi. Gunakan aromaterapi saat pagi sebelum beraktivitas untuk meningkatkan gairah kerja atau belajar. 

 

source: http://hargaalami.com

Basil

Aromaterapi basil ternyata juga dapat mengurangi ketegangan pada syaraf dan mengatasi stres sehingga kamu menjadi lebih relax, tenang dan santai. Selain itu, aromaterapi basil juga membantu untuk meningkatkan mood yang positif.

 

source: https://health.idntimes.com

Bergamot

Masih asing dengan aromaterapi bergamot? Minyak bergamot adalah minyak yang berasal dari kulit buah jeruk. Aroma yang dihasilkan dapat meringankan ketegangan pada syaraf, membuat kamu lebih relax dan menjernihkan pikiran. Aromaterapi satu ini juga populer lho, bahkan sering dimanfaatkan sebagai campuran parfum dan cologne. Jika kamu mengalami hari-hari yang melelahkan sehingga mood jadi jelek atau tidak bersemangat dan stres berkepanjangan, maka manfaatkan saja aromaterapi satu ini. 

 

source: http://blog.everydayspa.co.id