Baik BB cream ataupun foundation, kedua alas makeup ini sangat populer di kalangan wanita. Sedikit saja pulasan di wajah, rasanya kamu sudah tampil lebih fresh dan siap keluar rumah! Karena berfungsi sebagai alas makeup, tentunya kamu harus memilih yang sesuai dan pas di kulitmu. Jangan sampai nanti keseluruhan makeup-mu menjadi jelek karena alas makeup yang tidak pas. Agar bisa menentukan yang lebih sesuai, ketahui dulu hal-hal dibawah ini!


BB Cream


Kosmetik satu ini dijuluki juga sebagai all-in-one makeup. Selain bisa memberikan coverage sebagai alas makeup, BB cream juga biasanya mengandung banyak manfaat dan fungsi lain, seperti memiliki kandungan SPF, melembapkan, serta memberikan finish yang natural. Coverage-nya pun tidak bisa dibilang buruk, karena jaman sekarang sudah banyak ditemukan BB cream dengan medium coverage yang bisa di-build. Salah satu kekurangan dari kosmetik ini yaitu pilihan shade atau warna yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan foundation. Biasanya BB cream hanya memiliki 3 hingga 4 pilihan warna dari range light, medium, dan dark.

Kelebihan BB cream dibanding foundation ada pada segi kepraktisannya. Saat kamu tidak punya banyak waktu untuk bersiap-siap, oleskan saja BB cream pada wajahmu dan kamupun siap untuk berangkat. Bahkan cara menggunakan BB cream terbaik adalah dengan menggunakan jari lho!

source: http://www.makeup-pixi3.com


Foundation


Alas makeup klasik satu ini sudah lebih dulu dikenal jauh sebelum ada BB cream. Foundation bisa menjadi pilihan ketika kamu menginginkan makeup yang tahan lama. Tidak kalah dengan BB cream, foundation juga bisa melembapkan dan membuat wajah lebih flawless. Salah satu kelebihan menonjol foundation dibanding BB cream yaitu tersedianya banyak pilihan warna. Jangan heran kalau kamu menemukan foundation dengan belasam atau bahkan puluhan shades! 

Kebalikan dari BB cream, foundation biasanya memberikan coverage yang lebih serta digunakan untuk menutupi bagian bawah mata atau warna kulit tidak merata. Disinilah kamu lebih disarankan untuk menggunakan tools seperti sponge atau brush untuk mendapatkan coverage yang lebih merata. Foundation juga bisa kamu gunakan sebagai concealer, dengan menambah penggunaannya pada bagian yang membutuhkan coverage lebih, misalnya bawah mata atau noda bekas jerawat yang bandel.

source: https://www.youtube.com/user/alittlebitetc
baca juga


Jadi, Mana yang lebih Baik?


BB cream ataupun foundation, sebenarnya tidak ada pilihan yang lebih baik ataupun lebih buruk. Semuanya kembali lagi pada kebutuhan dan kecocokannya di kulitmu. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba foundation ataupun BB cream yang sesuai di kulitmu, baik itu dari segi coverage maupun finish look-nya. 

source: https://www.lorealparisusa.com


Kamu sendiri lebih suka memakai BB crem atau foundation nih, Ladies?