Tips Mencuci Sweater

  • Pisahkan dari Bra atau Pakaian dengan pengait

Sweater yang berbahan dasar wol akan mudah mencuat jahitannya jika tersangkut sesuatu yang tajam atau runcing. Besi pengait bra misalnya, atau bisa juga celana atau baju lainnya yang kemungkinan punya pengait atau ujung-ujung runcing. Pisahkan sweater dari hal-hal seperti itu. 

  • Rendam dalam Sabun dan Air Hangat

Dalam mencuci sweater, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu dengan sabun yang lembut dan air hangat selama kurang lebih 20 menit kemudian bisa kamu kucek pelan-pelan. mencuci dengan air dingin dan mengucek terlalu keras akan membuat sweater jadi mudah melar dan rusak. 

  • Bilas dan Peras Perlahan
Setelah itu kamu bisa bilas dan peras sweater dengan perlahan. Lakukan berulang kali hingga tidak ada sisa sabun. Kamu cukup remas-remas bagian yang basah atau bisa juga menggunakan handuk dengan cara letakan sweater kamu di atas handuk, lalu kamu gulung dan tekan pelan-pelan. Lakukan beberapa kali hingga air di sweater kamu berkurang.
  • Jangan Terlalu Sering Mencuci Sweater
Kamu tidak perlu mencuci sweater setiap kali habis kamu pakai. Hal ini sama dengan ketika kamu merawat jeans. Kalaupun kamu mencuci pastinya usahan mencuci dengan tangan, bukan dengan mesin cuci.

 
source: http://ciricara.com


 

Tips Mengeringkan Sweater

Sesudah menjalani proses pencucian dan pembilasan, maka tiba saatnya proses pengeringan. 

  • Angin-anginkan, Jangan Dijemur di Bawah sinar Matahari Langsung
Kamu bisa jemur sweater di atas permukaan yang kering dan datar. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung, cukup angin-anginkan sampai kering. 
  • Jangan Menggantung Sweater pada Hanger

Gravitasi akan memisahkan serat-serat dan mengubah pola rajutan sweater. Jika sweater yang masih basah digantung pada hanger, maka bentuk sweater akan berubah pada bagian lengan, pundak dan leher.

  • Keringkan dengan Pemanas

Jika mau lebih cepat, kamu juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Biarkan sweater setengah kering terlebih dahulu dengan cara diangin-anginkan. Selanjutnya, setelah setengah kering kamu bisa gunakan hair dryer.

 

source: http://style.tribunnews.com


 

baca juga

Tips Menyetrika Sweater

  • Steam atau Gunakan Setrika Uap
Ketika sweater sudah kering, kamu dapat menyetrikanya dengan setrika biasa menggunakan suhu yang rendah. Namun, jika tidak bisa juga kamu pakai setrika uap agar mencegah sweater tidak rusak atau melar.

 
source: https://moeslema.com

Tips Menyimpan Sweater

  • Jangan Digantung
Hindari menyimpan sweater di lemari dengan cara digantung pada hanger. Hal ini justru akan membuat sweater mudah melar dan merusak bentuknya. Lipat atau gulung sweater di atas bidang datar yang bersih dengan sisi depan menghadap ke atas. 
  • Masukkan dalam Lemari atau Kotak Kayu
Setelah sweater kamu lipat rapi, masukkan dalam lemari atau kotak kayu. 
  • Beri Kamper
Untuk mencegah ngengat, kamu bisa meletakkan kamper pada lemari. Sweater yang biasanya terbuat dari wol memang dapat mengundang ngengat. 
  • Perbaiki Rajutan Jika Perlu, Jangan Menunggu Sampai Rusak
Terkadang ada beberapa hal yang kamu perlu perbaiki, misalnya kancing yang longgar atau terlihat ada robekan kecil muncul di sweater. Jika terjadi hal demikian, maka segeralah kamu perbaiki. Jika tidak, maka kerusakan akan semakin parah.

 
source: https://kumparan.com