Haid hari pertama memang akan membuat kamu mager karena kondisi badan yang kurang enak. Apalagi jika kamu tidak membawa pembalut saat haid hari pertama, ladies! Tak mungkin kan membiarkan area vagina tanpa menggunakan pembalut saat menstrasi? Well, kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini ya? So, without any further do, let’s check this out, ladies!
 

source: http://socialzoomfactor.com



Membuat Pembalut ‘Ala-Ala”
Yes, cara pertama untuk mengatasi masalah satu ini ialah membuat pembalut “ala-ala” agar darah haid kamu tidak semakin menempus ke pakaian dalam ataupun bawahan yang kamu kenakan. Pembalut ‘ala-ala’ ini hanya memerlukan tissue kok yang pastinya ada dalam kebanyakan toilet, ladies.

Pertama-tama, cukup bersihkan area vagina kamu dari darah haid dengan menggunakan tissue. Setelah itu, gumpalkan beberapa tissue menjadi bantalan kecil, dan selipkan di sela vagina kamu untuk menahan aliran darah haid. Kemudian, buat kembali bantalan tissue yang cukup tebal dan lebar yang mampu menutupi area celana dalam kamu. Lalu, cukup pakai celaan dalam dengan pembalut ‘ala-ala’ itu seperti biasa, ladies. Rasanya memang kurang nyaman, tapi cara satu ini efektif untuk mengatasi keluarnya aliran darah ke pakaian dalam dan bawahan kamu, selagi kamu mencari pembalut betulan, ladies.
 

source: https://www.wikihow.com
baca juga



Meminta Pembalut Kerabat
Nah, jika sedang bersama teman atau saudara perempuan, kamu bisa meminta pembalut kepada meraka, ladies. Kemungkinan besar mereka akan membawa pembalut kok karena kebanyakan wanita akan membawa pembalut untuk berjaga-jaga. So, jangan sungkan-sungkan untuk meminta pembalut kerabatmu jika berada dalam keadaan darurat seperti ini ya.
 

source: https://www.suara.com



Segera Membeli Pembalut Baru
Cara lainnya ialah segera membeli pembalut yang baru, ladies. Kamu bisa membelinya sendiri, tentunya setelah mengenakan ‘pembalut ala-ala’ yang akan mencegah kamu dari insiden ‘nembus’ saat kamu membeli pembalut yang baru. Selain itu, jika tidak memungkinkan bagi kamu untuk membeli pembalut yang baru, kamu bisa minta tolong ke teman  atau kerabat wanita kamu untuk membantu membelikannya. Mereka pasti memahami situasi ini kok, ladies.
 

source: http://theconversation.com
baca juga



Mengikatkan Outer ke Pinggang
Well, kalau darah haid nya sudah menembus ke bawahan yang kamu kenakan, segara ikatkan outer baik itu jaket, kemeja, cardigan,  shawl, ataupun selendang ke pinggang kamu ya. They’ll cover the blood stain on your pants or skirt from other people, ladies!
 

source: https://blog.madewell.com



Jangan Malu Bertanya
Terakhir, jangan malu-malu bertanya ya. Jika kamu mengalami kejadian seperti ini saat berada di tempat umum dan tidak sedang bersama kerabat, kamu harus berani bertanya kepada orang asing apakah mereka memiliki persediaan pembalut. Tapi ingat, cukup tayakan ke para wanita ya jika tidak ingin menimbulkan kondisi yang awkward banget, ladies.
 

source: http://rnblog.rockwellnutrition.com/