1. Kompresan Salju

Tinggal di negara empat musim ternyata ada manfaatnya, lho. Apalagi jika musim dingin tiba dan salju turun memenuhi pandangan. Ternyata salju di Korea tidak hanya untuk teman bermain ski atau sebagai pelengkap cantiknya suasana saja. Para wanita Korea menggunakan salju dalam skincare routine mereka. Salju di Korea punya manfaat untuk mengatasi jerawat. Tentunya yang dipakai adalah salju bersih dari pegunungan yang diambil untuk dijadikan kompresan pada wajah yang berjerawat. Fungsinya adalah untuk menutup pori-pori yang terbuka sehingga kulit wajah akan terasa kencang dan segar.

source: https://id.pinterest.com

Jangan berputus asa karena tidak ada salju di Indonesia. Kamu bisa meniru trik kompresan salju ini dengan menggunakan air oksigen yang dijual di supermarket. Yasng harus kamu lakukan adalah membekukan air oksigen tersebut dalam cetakan es. Oleskan es tersebut ke wajah sebanyak lima putaran sebelum tidur. Kamu juga bisa menambahkan tetesan air lemon pada air sebelum dibekukan karena lemon mengandung antioksidan alami.

 

2. Beras

Ini salah satu rahasia kulit putih bercahaya wanita Korea. Mereka menjadikan beras sebagai salah satu skincare routine. As you may know, beras gak hanya sebagai makanan pokok namun juga memiliki khasiat untuk membersihkan wajah dari jerawat dan menjadikan kulit putih bercahaya. Kamu bisa mempraktekan cara unik ini untuk menghilangkan jerawat. Jadikan beras sebagai scrub dengan cara rendam beras dalam mangkuk kemudian pisahkan airnya setelah beberapa menit. Kemudian gunakan beras yang sudah dicuci untuk mencuci wajah, campurkan dengan sabun pembersih namun jangan digosok, ya. Setelahnya, bilas wajah dengan air rendaman beras yang dipisahkan tadi. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya. Kamu bisa melakukan perawatan ini setiap tiga minggu sekali.

source: https://www.cermati.com
baca juga

3. Sauna


Kebiasaan bersauna orang-orang Korea ternyataa bukan hanya untuk relaksasi semata. Sauna juga ampuh untuk membantu mengatasi jerawat. Suasana hangat di sauna akan membuka pori-pori kulit kemudian kotoran pada lapisan kulit akan keluar. Jika kamu ingin mengatasi jerawat, tidak perlu mencari tempat sauna. Cukup panaskan air hingga mendidih, lalu tuang ke baskom besar. Dekatkan wajahmu ke permukaan baskom dimana uap akan mengenai wajahmu. Jika perlu, bungkus kepala dan baskom dengan handuk agar uap terkurung dan hanya mengenai wajahmu. 
source: http://english.visitkorea.or.kr

4. Teh Hijau

Teh hijau dipercaya bisa meredakan kemerahan yang disebabakan oleh jerawat karena mengandung antioksidan tinggi, teh hijau dipercaya bisa meredakan inflamasi karena jerawat. Para wanita Korea mempercayakan wajah mulus mereka pada teh hijau. Gak heran, banyak banget skincare yang berbahan dasar teh hijau untuk meyembuhkan jerawat. Cara alami menjadikan wajahmu mulus tanpa jerawat dengan teh hijau adalah dengan menggunakan ampasnya. Tekan ampas teh hijau pada wajah agar meresap dan diamkan selama 15 menit. Lakukan setidaknya dua kali seminggu. 

source: https://food.ndtv.com
baca juga

5. Mentimun


Cara unik terakhir yang dilakukan wanita Korea agar wajah mereka mulus adalah dengan masker mentimun. Wanita Korea memang rajin membuat masker alami demi wajah dan kulit yang selalu cantik. Timun salah satu bahan yang mudah didapat dan dibuat. Jika kamu tertarik membuatnya, cukup dengan dinginkan timun yang sudah dihaluskan di dalam lemari es selama 15 menit. Kemudian, sebelum dan sesudah menggunakan makeup oleskan timun ke seluruh permukaan wajah. Dengan melakukan ini, pori-pori wajah jadi kencang sehingga bakteri penyebab jerawat tidak mudah masuk.
 
source: https://manfaat.co/