Coba perhatikan daftar kandungan dalam produk-produk make up dan skin care yang kamu miliki, terutama kandungan dengan akhiran –cone, –methicone, dan –siloxane. Bila kamu menemukan beberapa bahan seperti dimethicone dan cyclopentasiloxane, maka tandanya produk yang kamu miliki mengandung silicone.
 
Tentang Silicone
Para ahli mengenali silicone sebagai polimer sintetik, namun dalam dunia kecantikan silicone lebih dikenal sebagai slip agent dan emollient, yaitu zat yang membuat beberapa produk seperti make up primer terasa halus setelah diaplikasikan di kulit.
 
Tak hanya itu, silicone juga punya sifat occlusive untuk mencegah hilangnya kelembaban dan kadar air dalam kulit, membuat proses aplikasi jadi lebih mudah, menyamarkan pori-pori dan tekstur kulit, hingga membantu proses penyerapan skin care.
 

source: http://www.beautifulwithbrains.com/



Bikin kulit tak bisa bernapas?
Beberapa sumber mengatakan bahwa silicone melapisi kulit, membuatnya tak bisa bernapas, terutama dari produk skin care dan make up natural. Faktanya, kulit manusia memang nggak bisa bernafas, ladies. Silicone berfungsi sebagai breathable barrier, yakni lapisan yang selektif terhadap zat-zat apa saja yang boleh lewat.
 

source: https://www.cheatsheet.com/
baca juga



Bikin jerawatan?
Alasan ini ada benarnya, namun hanya bagi orang-orang yang bereaksi negatif pada kandungan silicone. Menurut Renee Rouleau, karena silicone membantu penyerapan, bisa jadi kandungan silicone membantu penyerapan zat-zat lain dalam produk tersebut yang kurang cocok dengan jenis kulit berminyak. Misalnya, saat pemilik kulit acne-prone menggunakan pelembab yang mengandung olive oil, maka kandungan silicone akan membantu penyerapan olive oil ke kulit. Tapi bukan berarti silicone akan menyebabkan jerawat di semua kulit, lho.
 

source: https://www.thebeautyinsiders.com/



Tak ada manfaatnya dan bikin kulit dehidrasi?
Silicone memang tak se-menarik ekstrak tanaman eksotik, namun tugasnya adalah membantu penyerapan zat-zat lain, sekaligus mencegah transepidermal water loss, alias hilangnya kadar air dalam kulit. Pakai bahan-bahan humectant seperti hyaluronic acid dan glycerin yang mengikat air, kemudian akhiri dengan pelembab yang mengandung silicone agar kadar air di kulit tak menguap sia-sia.
 

source: https://leafcdn.tv/
baca juga



Bikin kulit kusam dan mengganggu regenerasi kulit?
Ladies, ini alasan buat kamu untuk melakukan double cleansing! Faktanya, silicone memang membuat skin care dan make up menempel lebih baik. Inilah yang membuat foundation favoritmu tahan sepanjang hari, dan makeup primer-mu ampuh bikin kulit halus. Kalau tidak dibersihkan dengan benar, tentu saja sisa make up dapat menumpuk di kulit, membuat kulit jadi terlihat kusam. Bukan salah silicone-nya, lho.

source: http://www.garnierusa.com