Hydrating Toner
Kalau kamu belum pernah memakai hydrating toner, maka sekaranglah saatnya. Terkesan sepele, namun faktanya hydrating toner mengandung humectants yang dapat mengunci kadar air dalam kulit, membuatnya nampak lebih plump dan mencegah kulit dehidrasi. Cari produk-produk yang mengandung glycerin dan hyaluronic acid seperti Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion.
 

source: http://femaledaily.com/


 
Vitamin C
Sudah tahu kan, kalau vitamin C punya manfaat mencerahkan dan antioksidan yang luar biasa. Jangan sampai produk ini ketinggalan, karena kamu akan mulai berhadapan dengan flek hitam menginjak usia 30 tahun. Mengingat kita selalu terpapar radikal bebas sehari-hari, tak ada salahnya melindungi kulit, kan?
 

source: https://intothegloss.com/
baca juga


 
AHA
Pernah mendengar tentang chemical exfoliation? Berbeda dengan scrub, teknik ini menggunakan AHA dan BHA yang mampu meluruhkan sel kulit mati dengan lembut. Di usia 30 tahun, kecepatan regenerasi kulit mulai melambat, sehingga kulit sering terlihat kusam. Produk-produk yang mengandung AHA, seperti COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid, boleh kamu lirik. Jangan lupa gunakan tabir surya setelahnya.
 

source: https://us.memebox.com/


 
Serum
Menginjak usia 30an, kulit mulai kehilangan kelembaban dan elastisitas alaminya. Apalagi jika sebelumnya kamu jarang merawat kulit secara rutin. Ini saatnya untuk mulai menggunakan serum wajah yang mengandung antioksidan dan bahan-bahan yang melawan tanda penuaan, seperti Estee Lauder Advanced Night Repair atau MISSHA Time Revolution Night Repair Science Activator Ampoule.
 

source: http://missha.ee/
baca juga


 
Eye Cream
Kulit seputar area mata lebih tipis dibanding bagian wajah lain. Itu sebabnya kerutan akan muncul di area mata terlebih dahulu. Ini berarti kulit seputar bagian mata juga lebih mudah kering dan bermasalah dengan lingkaran hitam. Solusinya, mulailah menggunakan eye cream yang kaya antioksidan dan melembabkan.
 

source: https://www.thebeautyinsiders.com


 
Sunscreen
Sebenarnya kamu sudah harus mulai menggunakan sunscreen sejak dini, karena sun damage bersifat kumulatif. Akan tetapi, tak pernah ada kata terlambat untuk mulai. Pilih sunscreen minimal SPF30, dan pakailah setiap hari di bawah make up. Ini akan melindungi kulit dari dampak buruk UVA, yang menyebabkan rusaknya kolagen, serta menimbulkan flek hitam.
 

source: https://beautyeditor.ca/