Menggunakan produk skin care yang hydrating dan melembabkan
Clay mask tak bisa selektif memilih zat yang diserap, sehingga pori-pori nampak bersih namun kulit jadi terasa kering. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu memakai produk skin care yang hydrating dan melembabkan setelah pakai clay mask. Langkah ini akan mengembalikan kelembaban yang hilang.
 

source: https://www.cheatsheet.com/



 
Memakai clay mask hanya di bagian tertentu
Tak ada peraturan yang mewajibkan kamu pakai clay mask di seluruh wajah, layaknya sheet mask. Kalau kamu merasa clay mask milikmu terlalu drying, kamu dapat menggunakannya hanya di bagian wajah yang bermasalah. Misalnya, mengoleskan clay mask di bagian T-zone yang rentan komedo.
 

source: https://beautymnl.com/
baca juga



Multi masking
Cara mengatasi dua masalah kulit sekaligus adalah dengan memakai dua masker sekaligus. Bukan dicampur, melainkan dipakai di beberapa bagian yang berbeda. Misalnya, memakai clay mask di daerah hidung yang banyak komedo, hydrating mask di bagian dahi yang kering, dan brightening mask di bagian pipi yang kusam. Psst, sesi foto saat maskeran bakal jadi lebih seru!
 

source: http://www.refinery29.com/


 
Jangan dibiarkan terlalu lama
Saat awal dipakai, clay mask terasa biasa saja, namun mendadak kulit terasa kencang saat masker mengering. Nah, semakin lama pakai clay mask, maka kulitmu juga akan semakin kering. Hindari hal ini dengan tidak membiarkan masker menempel terlalu lama di kulit. Cuci setelah 5 atau 10 menit saja.
 

source: https://www.shefinds.com/
baca juga



 
Pilih jenis clay mask yang lebih gentle
Semua jenis clay punya manfaat menyerap minyak berlebih dan kotoran pada kulit, namun ada clay yang lebih gentle dan tidak membuat kulit kering. Misalnya, cari clay mask yang terbuat dari kaolin clay atau rhassoul clay alih-alih bentonite clay.
 
Baca: Ini Jenis-Jenis Clay Yang Sering Dijadikan Clay Mask

 

source: https://glowgirlcosmetics.com/