Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak sekitar 1 km timur laut dari Candi Prambanan, tepatnya di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari Candi Prambanan, berjalanlah lurus ke bagian utara, berbelok ke arah timur, satu kali lagi belokan ke utara dan timur, maka sampailah kita di Candi Plaosan. Candi Plaosan terbagi menjadi dua bagian, Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor yang letaknya saling berdekatan, sekitar 100 meter.
source: http://travel.detik.com/read/2014/01/12/155000/2425224/1025/candi-plaosan-tak-kalah-menawan-dengan-candi-prambanan

Pantai Baron

Merupakan pantai pertama yang dapat kita kunjungi sebelum melihat pantai yang lain, yang terdapat di seputaran wilayah pesisir Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Drini, dan Pantai Sundak. Apabila Minasan ingin berbelanja ikan di tempat ini dan dibawa pulang, kamu akan mendapatkan ikan yang segar yang berasal dari tangkapan di pantai ini. Tetapi apabila ingin mencicipi masakan ikan di tempat ini, di areal pantai ini terdapat banyak rumah makan yang dapat dikunjungi untuk menikmati suasana pantai. Pantai ini memiliki tempat landai yang bisa dipergunakan untuk berenang. Setelah berbasah-basah dengan air laut yang asin, saatnya Minasan membersihkan diri dengan menceburkan diri ke muara sungai bawah tanah yang terdapat di pantai ini. Air sungai tersebut tawar dan cukup segar karena masih jauh dari pencemaran yang dilakukan oleh manusia. Dua bukit yang mengapit pantai ini juga merupakan tempat perkemahan. Perbukitan di kawasan ini sering dipakai untuk lokasi trekking atau lintas alam.
source: http://www.njogja.co.id/gunungkidul/pantai-baron/

Kota Gede

Kota Gede adalah daerah di mana Panembahan Senopati, pendiri kerajaan Mataram baru mendirikan istananya pada tahun 1575. Penguasa kerajaan Mataram baru merupakan keturunan langsung dari penguasa Mataram kuno yang membangun Borobudur dan Candi Prambanan. Pada tahun 1680 Kota Gede direbut oleh pasukan dari Madura, dan kemudian istana Mataram dipindahkan ke timur, pertama ke Kartasura, lalu ke tepi sungai Solo, di Surakarta (Solo). Pada saat ini, Kota Gede merupakan daerah di pinggiran kota Yogyakarta. Kota ini terdiri dari jalan-jalan sempit, dengan toko-toko perak tradisional dan rumah berubin mosaik berjajar di tepi jalan di mana dahulunya rumah-rumah ini merupakan rumah para bangsawan dan pedagang kerajaan. Kawasan ini sekarang terkenal sebagai pusat industri perak di Yogya. Ada sejumlah workshop di mana pengunjung dapat berhenti dan menonton bagaimana perak dibentuk menjadi barang-barang yang unik dan indah.
source: http://www.indonesia.travel/id/destination/459/kota-gede

Goa Selarong

Sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro tidak bisa dilepaskan dengan keberadaan tempat keramat yang satu ini, yaitu Goa Selarong. Pada masa tersebut, Goa Selarong menjadi salah satu tempat penting, tidak hanya digunakan sebagai persembunyian melainkan untuk mengatur strategi perang dengan pihak kolonial. Goa Selarong sendiri masuk dalam wilayah Dusun Kembang Putihan, Guwosari, Pajangan Bantul Yogyakarta. Berada di perbukitan kapur setinggi kurang lebih 35 m dipenuhi dengan pepohonan lebat dan rindang. Kedua sisi dari goa ini dialiri oleh air terjun yang menambah syahdu suasana Kompleks Goa Selarong ini. Letaknya sangatlah curam, kemiringan bisa sekitar 45 derajat. Untuk mencapainya, siapapun orangnya harus meniti ratusan anak tangga sejauh 400 m untuk bisa sampai ke tempat itu. Goa Selarong sangat sempit dengan lebar kurang lebih 3 meter dan tinggi sekitar 1,7 meter dan panjangnya sekitar 3 meter. Orang Jawa biasa menyebut goa buntet alias buntu dan tidak tembus berlubang. Goa ini merupakan cekungan cadas yang tidak ada tembusannya ke dalam.
source: http://www.kotajogja.com/wisata/index/Goa+Selarong+

Goa Jomblang

Pada era tahun 1970-1980 an, gua ini dipakai untuk lokasi pembunuhan massal anggota PKI. Ratusan anggota PKI diperkirakan menemui ajalnya di Goa Jomblang ini. Bagi yang belum terbiasa, jalur yang dipakai untuk mencapai dasar gua akan sangat melelahkan. Ditambah lagi cerita-cerita seram mengenai goa tersebut dari para penjelajah yang pernah masuk, mungkin akan membuat para penjelajah merasa gentar sebelum memasuki gua tersebut. Akan tetapi begitu masuk ke dalamnya segala perasaaan yang menganggu sebelumnya akan tergantikan oleh keindahan Goa Jomblang.
source: http://www.njogja.co.id/gunungkidul/goa-jomblang-gunung-kidul/

Taman Pintar Yogyakarta

Salah satu wisata pendidikan atau wisata edukasi paling banyak dikunjungi di Yogyakarta. Taman ini menawarkan wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap untuk anak-anak, baik usia pra sekolah sampai tingkat sekolah menengah. Taman Pintar didirikan atas gagasan dari Walikota Yogyakarta Herry Zudianto SE, Akt, MM yang selanjutnya dibangun diatas tanah seluas 12.000 m2. Wisatawan yang masuk ke taman ini bisa langsung mencoba dan menyaksikan hasil karya dari sebuah inovasi dan teknologi dan permainan yang sangat menarik dan banyak bermuatan edukasi pagi anak-anak. Taman Pintar ini berlokasi di Jalan Penembahan Senopati No.3, Yogyakarta. Lokasi ini dahulu digunakan untuk shooping center yang sekarang dipindah sebelah utara taman ini, bersebelahan dengan Taman Budaya Yogyakarta.
source: http://www.njogja.co.id/kota-yogyakarta/taman-pintar-yogyakarta/