Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu. Candi ini juga menjadi bukti kemajuan peradaban manusia pada saat itu karena mampu membangun candi-candi dengan seni arsitektur yang luar biasa tanpa bantuan teknologi canggih. Kompleks Candi Prambanan ini disebut memiliki seribu buah candi karena adanya cerita rakyat Roro Jonggrang, namun sebenarnya hanya ada sekitar 240 candi di kompleks tempat wisata ini. Tempat wisata ini menghadap timur, tetapi terdapat empat pintu masuk di masing-masing mata angin. Gerbang utama candi ini adalah yang berada di sebelah timur. Candi ini merupakan persembahan bagi Dewa Siwa yang dalam ajaran Hindu dikenal sebagai Dewa Penghancur.
source: http://anekatempatwisata.com/wisata-jogja-candi-prambanan/

Pantai Parangtritis

Merupakan objek wisata pantai yang sangat terkenal diantara pantai-pantai lain yang tersebar di wilayah Yogyakarta ini. Parangtritis menurut kisah legenda pada zaman Kerajaan Majapahit, ada seorang pelarian dari Kerajaan tersebut yang bernama Dipokusumo yang di tempat itu sedang melakukan semedi. Ketika sedang melakukan semedi, ia melihat air menetes (tumaritis) yang berasal dari celah-celah batu karang (parang). Kemudian Dipokusumo memberi nama daerah itu Parangtritis yang artinya air yang menetes dari batu.
source: http://www.njogja.co.id/bantul/pantai-parangtritis/

Puncak Kaliurang

Kaliurang adalah objek wisata andalan Kabupaten Sleman yang berada di lereng selatan Merapi tepatnya di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman. Berada 900 meter di atas permukaan laut membuat udara di Kaliurang sejuk dan segar. Suhunya berkisar 20-25 derajat celcius. Dari Kaliurang, puncak Merapi nampak jelas walau terkadang diselimuti kabut. Di Kaliurang, pengunjung dapat bermain di Taman Rekreasi Kaliurang. Sekitar 300 meter ke arah timur laut dari taman rekreasi terdapat pula Taman Wisata Plawangan Turgo. Di kawasan taman wisata ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan. Di samping keindahan alam, Kaliurang juga menyimpan kekayaan sejarah. Di antaranya adalah Wisma Kaliurang dan Pesanggrahan Dalem Ngeksigondo milik Kraton yang pernah dipakai sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara. Atau Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah.
source: http://www.kotajogja.com/wisata/index/Kaliurang

Malioboro

Setiap kota memiliki jalur yang menjadi poros kegiatan bagi para warganya. Jalur ini menjabarkan arti dari senyuman ramah kepada tamu kota, juga kepada sesama warga. Jalur ini pula yang mendefinisikan etalase keagungan seni yang diapresiasi oleh langkah-langkah yang berhenti, terhipnotis karena keindahannya. Di Yogyakarta, jalur ini telah mencuatkan dirinya, sekaligus kota dan negaranya. Inilah jalur yang berawal dari ungkapan Maliya Saka Bara, Mulia dari pengembaraan. Atau ada juga yang mengartikannya jalur untuk orang kecil, bukan ningrat.
source: http://www.indonesia.travel/id/destination/268/shop-till-you-drop-in-malioboro

Keraton Ngayogyakarta

Sebagai ikon budaya, Minasan wajib berkunjung ke Keraton Yogyakarta jika sedang berkunjung ke kota ini. Tempat dengan nama resmi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini resmi dibuka untuk umum pada 1 Oktober 1969 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Tujuannya adalah agar masyarakat bisa melihat kebudayaan dan tradisi keraton.
source: http://www.brilio.net/life/liburan-ke-jogja-kamu-harus-coba-piknik-budaya-ke-keraton-yogyakarta-1505291.html

Musem Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo dulu adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Yayasan ini berdiri di Surakarta pada tahun 1919 bernama Java Instituut. Dalam keputusan Konggres tahun 1924 Java Instituut akan mendirikan sebuah museum di Yogyakarta. Pada tahun 1929 pengumpulan data kebudayaan dari daerah Jawa, Madura, Bali, dan Lombok. Panitia Perencana Pendirian Museum dibentuk pada tahun 1913 dengan anggota Ir.Th. Karsten P.H.W. Sitsen dan Koeperberg.
source: http://www.museumindonesia.com/museum/79/1/Museum_Negeri_Sonobudoyo_Yogyakarta