Terlalu Sering Mencuci Muka
Sejak kecil, kita diajarkan untuk mencuci muka dengan face wash agar wajah terbebas dari debu dan kotoran. Kini, face wash masih jadi langkah penting dalam ritual perawatan wajah, terutama saat double cleansing. Kulit jadi bersih dan terhindar dari resiko jerawat.
 
Akan tetapi, banyak orang yang salah kaprah dan menyangka bahwa sering mencuci wajah akan membuat kulit lebih bersih dan bebas jerawat. Padahal, ada faktor lain penyebab jerawat, lho. Mencuci wajah terlalu sering malah akan membuat kulit jadi kering dan mudah iritasi. Batasi frekuensi mencuci muka, maksimal dua kali sehari, terutama setelah membersihkan makeup dan sebelum memakai skincare.
 

source: https://www.healthtap.com/


 
Terlalu Sering Menggunakan Exfoliator

Exfoliator seperti AHA, BHA, maupun exfoliating toner memang dapat membuat kulit jadi halus, cerah, dan bebas kusam. Namun frekuensi yang berlebihan dapat menyebabkan over-exfoliation, di mana kulit jadi sensitif, iritasi dan kemerahan. Bayangkan saja, bila sel kulit yang baru di-eksfoliasi secara terus menerus.
 

source: http://www.advicesonbeauty.com/
baca juga



Tidak Mengenali Jenis Kulit Sendiri
Tak kenal maka tak sayang. Bagaimana mau merawat kulit, bila kamu sendiri belum mengenali jenis kulitmmu? Tentu sulit menentukan skin concerns alias masalah kulit dan produk yang sesuai. Akibatnya, banyak produk yang terbuang percuma karena sudah kamu termakan iklan belaka.
 
Coba deh, belajar mengenal jenis kulitmu. Apakah kulitmu kering, normal, atau berminyak? Apakah kulit mudah berjerawat, kusam, atau sedang dehidrasi? Ini akan membantumu merancang ritual perawatan wajah yang lebih efektif lagi.
 

source: https://www.changesplasticsurgery.com/



Sering Gonta-Ganti Skin Care
Teknologi memang selalu berkembang, tak terkecuali industri perawatan kulit. Setiap hari, selalu muncul inovasi skin care terbaru untuk mengatasi masalah kulit. Terpukau dengan janji manis, para skincare enthusiasts tentu berbondong-bondong membelinya.
 
Selain boros, kebiasaan ini belum tentu bagus untuk kulit, lho! Skin care butuh waktu untuk bekerja, sehingga kalau kamu hobi gonta-ganti skin care, yang ada malah manfaat tiap-tiap produk tak kunjung terlihat. Apalagi, kalau kulitmu sampai bereaksi negatif!
 

source: https://intothegloss.com/
baca juga



Hanya Menggunakan Produk Natural
Produk-produk skin care yang alami dan organik memang sedang populer, dan nggak ada salahnya mencoba beberapa produk andalan yang berasal dari alam. Namun, kamu nggak perlu ‘memusuhi’ semua produk yang tergolong clinical dan mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid, glycerin, atau capric triglycerides, dan lain-lain. Terdengar seperti bahan kimia, namun sebenarnya baik untuk kulit, lho! Menghindarinya justru akan membuat kulitmu kehilangan manfaat skin care yang baik.
 
Di sisi lain, tak semua bahan yang berasal dari alam itu aman untuk kulit. Misalnya, mengoleskan essential oil di kulit justru akan menimbulkan resiko iritasi, dan menggunakan baking soda sebagai face scrub akan mengacaukan pH kulit dan membuat kulitmu kering. Nggak mau, kan?
 
Baca: Waspada! Pemilik Kulit Sensitif Wajib Menghindari 6 Bahan Skin Care Ini
 

source: http://www.fashionkibatain.com/