Sepintas, orang awam mungkin berpendapat bahwa brush makeup dari bulu asli akan memberi hasil riasan yang lebih bagus. Faktanya, baik brush makeup sintetis maupun bulu asli punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.
 

source: http://beyondwords.life/



Brush Makeup dari Bulu Asli
Terbuat dari natural bristles alias bulu hewan, seperti kambing, kuda poni, bahkan tupai. Natural bristles lebih bertekstur dan memiliki pori-pori yang membuat makeup lebih mudah menempel pada kuas. Maka dari itu, brush makeup dari bulu asli paling oke buat mengangkat powder makeup, seperti setting powder, blush, hingga powder eyeshadows. Semakin sering digunakan, performa brush makeup dari bulu asli justru akan meningkat.
 
Membersihkan brush makeup dari bulu asli tak bisa sembarangan. Sama seperti cara kita keramas atau memandikan hewan peliharaan, bulu hewan tak bisa pakai pembersih sembarangan, karena teksturnya akan jadi lebih kasar. Sebaiknya, gunakan brush cleaner khusus, atau gentle soap seperti shampoo bayi. Jangan digosok atau ditarik, agar bulu tidak terlepas. Setelah dibilas, angin-anginkan hingga kering benar.
 
Kekurangannya, pori-pori pada natural bristles membuatnya kurang pas untuk mengaplikasikan liquid makeup seperti liquid foundation. Pasalnya, makeup justru akan terserap ke dalam bristles. Selain itu, brush makeup dari bulu asli tak selalu cruelty free. Bulu kambing diperoleh dengan cara mencukur sehingga tidak melukai hewan, namun bulu tupai dan mink didapat dari industri kulit, yang artinya hewan-hewan mungil itu harus berkorban untuk diambil kulitnya.
 
Coba: Masami Shouko
 

source: https://www.pinterest.com/
baca juga



Brush Makeup Sintetis
Sesuai namanya, brush makeup sintetis dibuat dari bahan sintetis alias buatan manusia, seperti nylon, polyester, maupun taklon. Karena tidak berpori-pori, brush makeup sintetis lebih cocok untuk mengaplikasikan liquid makeup. Umumnya, brush makeup sintetis cenderung lebih terjangkau dibanding natural bristles.
 
Membersihkan brush makeup sintetis cenderung lebih mudah. Kamu hanya perlu menggunakan brush cleaner atau shampoo dan sabun biasa, bilas, kemudian dikeringkan.
 
Brush makeup sintetis kurang cocok untuk mengaplikasikan powder makeup, karena pigmen kurang ‘menempel’. Namun, hal ini tak selamanya buruk. Kelemahan brush makeup sintetis dapat kamu manfaatkan untuk mengaplikasikan blush on yang warnanya terlalu terang atau mengaplikasikan setting powder tipis-tipis.
 
Coba: Ecotools, Real Techniques, BH Cosmetics