Tentang Hyaluronic Acid
Siapa sangka, hyaluronic acid dapat ditemukan secara alami dalam tubuh manusia? Hyaluronic acid adalah glycosaminoglycan, sebuah zat yang berperan penting dalam banyak proses di tubuh manusia, termasuk proses penyembuhan luka. Hyaluronic acid paling banyak ditemukan dalam mata, kulit dan persendian. Tenang saja, hyaluronic acid dalam skin care dibuat dalam laboratorium, kok.
 
Dengan bertambahnya usia, kemampuan tubuh memproduksi hyaluronic acid semakin menurun. Keunikan hyaluronic acid terletak pada kemampuannya untuk menahan air. Satu gram hyaluronic acid dapat mengikat hingga enam liter air, lho! Tak hanya itu, ternyata hyaluronic acid mampu menjaga keseimbangan kadar air yang ideal, tak terlalu banyak atau terlalu sedikit.
 

source: https://www.youtube.com/



Sodium Hyaluronate
Serupa tapi tak sama, sodium hyaluronate adalah zat turunan dari hyaluronic acid dengan manfaat yang sama, namun lebih mudah diserap oleh kulit. Biaya pembuatannya pun lebih murah, sehingga sodium hyaluronate banyak digunakan dalam skincare. Hal ini bukan berarti satu zat lebih unggul dari yang lain, lho. Kombinasi keduanya justru akan memberi manfaat yang lebih menyeluruh buat kulitmu.
 

source: https://www.youtube.com/
baca juga



Manfaat
Hyaluronic acid adalah humectant yang berfungsi menjaga kadar air dalam kulit. Memakai produk yang mengandung hyaluronic acid akan memberi efek plumping, membuat kerut-kerut halus terlihat lebih pudar, dan mengatasi kulit dehidrasi. Kulit terasa lebih nyaman, dan aplikasi makeup pun jadi lebih mudah!
 
Untungnya, hyaluronic acid dan sodium hyaluronate tergolong sebagai zat yang gentle di kulit, memberi hidrasi tanpa rasa berminyak. Keduanya bukanlah zat yang reaktif atau punya sederet pantangan, namun justru punya efek menenangkan pada kulit. Oleh sebab itu, hyaluronic acid dan sodium hyaluronate dapat dipakai pada pagi dan malam hari, dalam ritual perawatan wajah sebelum makeup.
 

source: http://www.newleafcenters.com/



Produk
Berminat mencoba produk skin care yang mengandung hyaluronic acid? Tak perlu kuatir, karena ada beberapa produk yang punya hyaluronic acid sebagai bahan andalan. Brand pertama datang dari Jepang, yaitu Hada Labo. Hampir semua produk Hada Labo mengandung hyaluronic acid, lho. Selain itu, masih ada L’Oreal Revitalift Filler, dan The Ordinary HA 2%.
 

source: https://www.lorealparisusa.com/