Kenali Dulu Kandungan Berbahaya dalam Kutek

Salah satu cara merawat kuku agar tampak cantik adalah dengan memakai cat kuku atau kutek yang sekarang semakin banyak pilihannya. 

  1. Tolune, yaitu pelarut zat kimia yang ada di dalam kutek dan berfungsi mempercantik warnanya. 
  2. Formaldehyde atau formalin ini berwujud gas dan cenderung lebih berbahaya karena dapat menyebabkan kanker, sakit kepala, iritasi pada mukosa hidung, mulut dan tenggorokan, kerusakan kulit, serta kematian.
  3. Etil asetat, yakni zat kimia yang digunakan untuk mengeringkan cat kuku, efeknya berupa gangguan saraf dan organ dalam seperti ginjal, jantung, dan paru-paru.
source: http://thayyiba.com


 

Bahaya yang Terjadi Akibat sering Menggunakan Kutek

  • Iritasi pada mata
Bahaya pertama jika terlalu sering memakai kutek adalah terjadi iritasi pada mata. Jadi, usahakan tangan tidak terlalu sering mengucek mata karena kuteks mengandung zat toluene yang dapat merusak sistem syaraf dan jika kuku mengenai mata, maka mata akan kemerah merahan. 

 
source: http://yes-news.com
  • Kanker
Bahaya memakai kuteks selanjutnya mungkin terdengar sedikit menyeramkan karena ternyata dapat menyebabkan kanker. Mengapa bisa terjadi demikian? Karena salah satu zat yang terkandung dalam kutek adalah formalin yang memiliki sifat karsinogen dan jika kandungannya terlalu tinggi, hal ini akan menjadi penyebab kanker. Oleh karena itu merawat kuku bisa dimulai dengan tidak memakai kutek yang murah karena biasanya memiliki banyak kandungan formalin.
 

 

baca juga
source: http://mdaalms03.blogspot.co.id
  • Diabetes

Tahukah kamu kalau kutek mengandung zat phytulates yang menjadi pemicu penyakit diabetes? Phytulates menyebabkan metabolisme pada jaringan lemak terganggu. Selain itu kutek juga mengandung zat mono etalat yang menjadi penyebab diabetes juga.

 

source: https://gaya.tempo.co
  • Kuku Menjadi Rapuh

Bahaya selanjutnya dari pemakaian kutek terus menerus adalah membuat kuku menjadi rapuh. Memakai kutek membuat kuku kamu menjadi tidak bisa bernafas sehingga kuku kekurangan oksigen dan menjadi rapuh. Oleh karena itu, cara merawat kuku yang tepat adalah berilah waktu pada kuku untuk bernafas juga, jangan selamanya atau memakai kutek secara terus menerus.
 

baca juga

 
source: https://www.rosannadavisonnutrition.com
  • Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Kutek juga mengandung ftalat anhidrid yang bisa membuat kilapnya tahan lama, namun ternyata bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh. Hati-hatilah dalam penggunaan kutek jangka panjang, karena bisa membuat tubuhmu lebih mudah terserang berbagai penyakit.



 
source: http://nova.grid.id

Tips Memilih dan Memakai Kutek

Jika kamu mau aman dalam menggunakan kutek, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Selalu perhatikan masa kadaluarsanya agar tidak terjadi iritasi atau infeksi. 
  • Perhatikan kandungan kimia yang ada dalam kutek.
  • Pilih kutek berbahan dasar air dan tidak berbau.
  • Pilih yang harganya masuk akal, jangan yang terlalu murah.
  • Jangan pakai kutek terus menerus setiap hari sehingga kuku tidak bisa bernafas.
source: http://www.alodokter.com