Perkembangan dunia digital membuat online market berkembang sangat pesat. Khususnya di Indonesia, salah satu platform media sosial yang cukup populer untuk jual beli adalah Instagram. Fenomena ini juga membuat banyak sekali bermunculan selebgram Indonesia. Dengan followers berjumlah belasan ribu saja, seseorang sudah bisa disebut sebagai selebgram dan mulai membuka jasa paid promote dan juga paid endorse. 

Selain selebgram, tentu saja para artis juga enggak mau melewatkan kesempatan untuk menerima endorse. Apalagi kebanyakan artis juga memiliki followers jauh di atas para selebgram tersebut. Antara endorse artis dan selebgram Indonesia, ternyata ada plus dan minus-nya masing-masing nih, Beautynesian. Berikut penjelasannya!

Endorse Artis


Pros:
1. Followers banyak
Artis lebih dikenal luas jika dibandingkan dengan selebgram, jadi tentu saja artis juga memiliki followers yang lebih banyak daripada selebgram. Semakin banyak followers akan semakin meningkatkan kemungkinan banyak yang melihat produk yang diiklankan.
2. Nilai barang bertambah
Hingga saat ini artis juga masih menjadi trendsetter bagi banyak kalangan. Masih banyak orang yang ingin membeli barang karena berpikir ingin menggunakan barang yang sama dipakai oleh artis.
3. Tidak rawan penipuan
Semua kegiatan artis diatur oleh management, begitu juga dengan endorse tentunya. Endorse melalui management juga terbilang lebih aman dan lebih teratur.

Cons:
1. Biaya mahal
Biaya yang harus dikeluarkan untuk endorse artis terkadang enggak tanggung-tanggung hingga mencapai puluhan juta. Belum lagi jika ada yang mematok biaya tambahan untuk request tertentu seperti caption atau pose.
2. Posting lama sedangkan waktu keep sebentar
Artis selalu memiliki jam kerja yang padat bahkan terkadang enggak kenal waktu. Hal ini yang membuat terkadang proses endorse artis memakan waktu yang lebih lama. Selain itu, waktu keep gambar cenderung sebentar dan sangat jarang yang artis mau keep gambar endorse selamanya. 

source: https://www.instagram.com/chelseaoliviaa/
baca juga
source: https://www.instagram.com/mrssharena/

Endorse Selebgram 


Pros:
1. Harga  lebih murah
Keuntungan pertama dari endorse selebgram adalah harga yang lebih murah dibandingkan dengan endorse artis. Kamu bahkan masih bisa menemukan jasa endorse tanpa harus membayar dengan uang dan hanya perlu memberi barang saja. 
2. Waktu keep lama
Waktu keep gambar endorse selebgram biasanya lebih lama, bahkan kebanyakan selebgram memilih untuk keep gambar selamanya. Rules seperti ini sangat menguntungkan para penjual karena selain informasi online shop-nya bertahan di feed para selebgram, hasil foto juga akan lebih bagus karena para selebgram pasti akan sangat memikirkan gambar seperti apa yang akan mengisi feed mereka.
3. Lebih mudah request
Kamu juga bisa lebih leluasa untuk request berbagai macam hal pada selebgram. Kamu bisa request pose, caption, atau bahkan hastag yang kamu inginkan dan tentunya enggak akan ada tambahan biaya.

Cons :
1. Rawan penipuan
Enggak semua selebgram bergabung dengan management endorse. Banyak juga ditemukan kasus online shop yang sudah mengirim barang dan membayar, akun tersebut malah kemudian menghilang. Jadi lebih baik kamu memilih selebgram yang memang sudah sering endorse dan sudah terpercaya, ya!
2. Followers lebih sedikit dari artis
Jumlah followers selebgram tentu saja kalah dengan jumlah followers kebanyakan artis. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk kamu memilih selebgram yang meskipun followers-nya enggak banyak, tapi memiliki followers yang konsumtif.

source: https://www.instagram.com/hamidahrachmayanti/
baca juga
source: https://www.instagram.com/aghniapunjabi/

Endorse artis ataupun selebgram Indonesia memilki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Keduanya bisa menguntungkan bagi kamua asalkan kamu memilih dengan bijak siapa yang akan lebih baik mempromosikan produkmu!