Apakah kamu suka mengkonsumsi yogurt?
source: http://beautymagazine.jp/archives/4004
Yogurt memang dikenal sebagai makanan yang baik untuk tubuh, tapi apakah kamu sudah ketahui betul segala manfaat yang diberikan oleh yogurt?
Berikut merupakan beberapa keuntungan mengkonsumsi yogurt yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Atasi sembelit

Banyaknya bakteri jahat di dalam usus dapat memicu sembelit.
Di dalam usus orang dewasa terdapat bakteri baik, menengah, hingga bakteri jahat yang mengandung sekitar 1% bakteri asam laktat dan 10% bifidobacteria. Bakteri baik dan jahat memiliki sifat-sifat seperti yang dijelasakan di bawah ini. Dengan meningkatkan bakteri baik maka kesehatan usus dapat terjaga dan dapat mengatasi sembelit.
source: http://moomii.jp/lifestyle/benpicare-yogurt.html
Kandungan prebiotik yang terdapat di dalam yogurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pencernaan, salah satunya adalah untuk mengatasi sembelit.
source: http://canadian-pharmacy-stores.com/
Terganggunya kesehatan usus salah satunya ditandai dengan sembelit. Ini mengindikasikan jumlah bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik. Yogurt yang kaya akan serat membantu mengatasi sembelit.
source: http://www.readersdigest.co.id/sehat/nutrisi/usus.sehat.dengan.yogurt/005/002/121
Probiotik yang terkandung dalam yoghurt juga berfungsi membantu penyerapan makanan dan mencegah konstipasi selain dapat meningkatkan imunitas. Serangkaian penelitian yang dilakukan terhadap dewasa usia 17-50 tahun menunjukan bahwa probiotik ini mampu memberikan kontribusi besar bagi penurunan angka penderita sembelit.
source: http://www.tribunnews.com/kesehatan/2010/06/06/ada-masalah-dengan-sembelit-coba-yoghurt

2. Mempercantik kulit

Kondisi pencernaan yang sehat juga berpengaruh pada kesehatan kulit.
Seiring dengan berkurangnya sembelit, jumlah bakteri jahat dalam usus akan menurun. Oleh karena itu, zat-zat berbahaya penyebab kulit kasar serta jerawat tidak mudah untuk diproduksi, maka akan menghasilkan kulit yang indah.
source: http://www.commerceatroyes.com/1344.html#i-4
source: http://www.ionwedding.com/beauty/ten-wonderful-benefits-of-yogurt-for-skincare-and-elegance.html
Selain mempercantik diri dari dalam, yogurt juga dapat digunakan langsung sebagai salah satu bahan dasar perawatan kulit, seperti scrub.
Yogurt dengan kandungan lactic acid di dalamnya yang mampu mengangkat sel kulit mati dengan lembut bisa difungsikan sebagai scrub alami. Campur yogurt dengan gandum atau kulit jeruk kering, lalu gunakan untuk scrub. Usapkan ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air hangat atau dingin. Scrub alami ini akan membuat kulit Anda terasa halus dan lembap.
source: http://www.merdeka.com/gaya/ini-5-manfaat-mengejutkan-yogurt-untuk-kecantikan.html

3. Memperkuat tulang

Tidak hanya susu biasa, susu fermentasi atau yogurt ini juga dapat diandalkan sebagai sumber kalsium.
temuan yang dipublikasi dalam jurnal Archives of Osteoporosis ini menunjukkan bahwa orang yang rata-rata mengonsumsi 2,6 penyajian susu, yogurt, dan keju setiap hari memiliki kepadatan tulang panggul dan punggung yang lebih baik daripada mereka yang lebih sedikit mengonsumsinya.
source: http://health.kompas.com/read/2013/02/22/16441411/Susu.dan.Yogurt..Terbaik.untuk.Kekuatan.Tulang
source: http://www.dairygoodness.ca/good-health/benefits-of-milk-products/bone-health-and-osteoporosis
Yogurt adalah sumber yang paling baik untuk kalsium. Banyak produk yang mengandung sekitar 40% dari kalsium harian yang dibutuhkan tubuh yaitu sekitar 8-oz penyajian (1oz=28.349 gram). Sebaiknya konsumsi yogurt yang low fat dan fat free, apalagi yogurt memiliki nilai plus yaitu rasanya enak dan termasuk makanan serba guna. Konsumsi yogurt sebagai sarapan pagi, snack, atau buatlah sebagai dessert yang sehat seperti Fruit Salad dengan saus yogurt madu.
source: http://food.detik.com/read/2009/11/05/152829/1235931/294/10-makanan-yang-memperkuat-tulang

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bakteri baik yang dimiliki yogurt dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.
Yogurt memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan di dalam usus, maka jika kondisi di dalam usus baik sistem kekebalan tubuh dapat meningkat.
source: http://www.shop-fujicco.com/lactobacillus/yogurt/immunity/
source: http://beforeitsnews.com/alternative/2013/07/top-10-health-benefits-of-yogurt-2700430.html
Sebuah penelitian di Austria (Annals of Nutrition and Metabolism) mengungkapkan bahwa konsumsi Yoghurt harian memiliki efek stimulasi terhadap kekebalan sel untuk wanita muda.
source: http://myhealthy.web.id/index.php/manfaat-yogurt-meningkatkan-daya-tahan-tubuh
Makan “bakteri baik” (atau probiotik) dapat membantu meningkatkan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Penelitian menunjukkan yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Sebuah studi dari University of Vienna di Austria menunjukkan bahwa mengonsumsi yoghurt setiap hari (7 ons) adalah langkah efektif dalam mempromosikan kekebalan tubuh.
source: http://duniafitnes.com/health/6-makanan-peningkat-sistem-kekebalan-tubuh.html

5. Membakar lemak

Yogurt juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang berdiet karena memiliki kemampuan untuk membakar lemak.
source: http://watchfit.com/diet/foods/belly-fat-burning-foods/
Dalam International Journal of Obesity edisi April 2005, terbukti bahwa konsumsi yogurt dapat menyalakan mesin pembakar lemak dalam tubuh. Selain itu, menambahkan yogurt dalam konsumsi harian kita juga dapat mempercepat penurunan berat badan dan mengecilkan perut.
source: http://food.detik.com/read/2013/03/19/143504/2197932/900/terbukti-yogurt-membuat-tubuh-lebih-cepat-ramping
Yogurt Yunani lebih baik dari yoghurt biasa karena dalam proses dapat menghasilkan lemak dan gula yang lebih rendah.
source: http://smartdetoxeasy.com/6-makanan-yang-bisa-membakar-lemak-perut/
Sebagai makanan tinggi protein, yoghurt Yunani membantu menstabilkan insulin, hormon yang berhubungan dengan penyimpanan kalori. Yogurt Yunani memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama.
source: http://smartdetoxeasy.com/6-makanan-yang-bisa-membakar-lemak-perut/

6. Memperbaiki mood

Bad mood bisa berujung pada kegemukan? Hal itu tidak akan terjadi jika kamu memilih asupan yang tepat, seperti yogurt. Selain bisa memperbaiki mood mu yang buruk, yogurt juga merupakan cemilan sehat yang akan menjauhkanmu dari kekhawatiran kenaikan berat badan.
Baru- baru ini salah satu studi di Belanda mengkemukakan bahwa probiotik membantu memperbaiki suasana hati. Mengonsumsi suplemen probiotik dilaporkan mengalami perbaikan dalam suasana hati mereka. Hasilnya terbukti bahwa probiotik mampu membantu mengurangi pikiran- pikiran negatif terkait suasana hati,yang ditemukan di suplemen & yogurt.
source: http://www.goapotik.com/Kabar%20Sehat/Probiotik-Dalam-Yogurt-Dapat-Perbaiki-suasana-hati.html
source: http://www.skinnymom.com/15-foods-that-improve-your-mood/
Selain memiliki tekstur lembut dan rasa yang enak, yogurt juga cukup bergizi. Kandungan dopamine dan norepinephrine akan membuat anda merasa lebih tenang dan jauh dari rasa stress.
source: http://obrolansehat.com/5-makanan-untuk-memperbaiki-mood-anda/
Yogurt mengandung vitamin D yang salah satu manfaatnya bisa mencegah depresi, artinya dengan memakan yogurt kita bisa memperbaiki mood kita yang sedang buruk.
source: http://dailyofwap.blogspot.com/2013/06/4-makanan-pembangkit-mood.html
Ayo jalani hidup sehat dengan mengambil segala kebaikan dari yogurt! :)