Ketiak hitam dan kasar

Rabalah kulit ketiak Minasan. Apakah terasa pori-pori besar dan tekstur kulitnya tidak rata? Berarti Minasan masuk ke dalam kategori ini. Apa penyebabnya?
1. Sering mencabut bulu ketiak
Bulu ketiak tumbuh lebih dalam dibandingkan bulu pada bagian tubuh lainnya. Kulit ketiak pun lebih sensitif dibandingkan kulit bagian lain. Karena itu, mencabut bulu ketiak akan menyebabkan dampak lebih besar terhadap kulitnya. Akibat mencabut bulu, kulit akan mengalami iritasi dan perubahan warna yang mengakibatkan penghitaman. Hal ini juga bisa terjadi akibat bulu ketiak yang tumbuh keluar dan menekan kulit sehingga tekstur kulit ketiak menjadi kasar.
source: http://sakapple.com/?p=535
2. Kotoran yang tersumbat
Kotoran yang tersumbat menutupi kulit ketiak juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi kasar, sama seperti komedo pada hidung. Apalagi, pori-pori pada ketiak lebih besar jika dibandingkan pori-pori pada wajah. Sisa deodorant yang masih menempel juga dapat menyumbat kotoran pada ketiak.
source: http://obatherbalpenyakit.com/

Ketiak hitam dan kusam

Ketiak tidak terasa kasar, tapi dari jauh sudah terlihat hitam dan tidak sedap dipandang mata. Berarti Minasan masuk ke dalam kategori ini!
1. Gesekan
Menggosok ketiak terlalu keras maupun gerakan yang membuat ketiak banyak bergesek juga bisa meyebabkan kulit ketiak menghitam jadi hati-hati!
2. Hairdryer
Ada beberapa orang yang mengeringkan ketiak dengan hairdryer, tapi justru ini menyebabkan kulit ketiak bereaksi terhadap panas dan bertambah tebal bahkan menghitam.
source: http://n-coozy.com/armpit-darkening-479
3. Sering mencukur
Mungkin ini penyebab yang paling umum. Jika Minasan mencukur dengan cara yang benar, tentu kulit ketiak tidak akan menghitam. Tapi cara mencukur yang tidak benar dan luka goresan akibat pisau cukur dapat mengakibatkan peradangan, perubahan warna kulit dan menjadi penyebab kulit ketiak menghitam.
source: http://life.viva.co.id/news/read/562295-sinar-uv--cara-praktis-hilangkan-rambut-ketiak

Cara menghilangkan bulu yang benar

Pertama-tama, Minasan perlu menghentikan tindakan yang menjadi penyebab ketiak menghitam seperti yang disebutkan di atas dan hilangkan bulu ketiak dengan 3 cara di bawah ini:

1. Jaga kelembaban saat mencukur

1. Cukurlah bulu ketiak sesaat setelah mandi dengan air hangat agar bulu ketiak menjadi lembut
2. Cuci ketiak dengan sabun dan bilas hinggar bersih
3. Untuk menjaga kelembaban, oleskan body lotion atau krim cukur pada ketiak
4. Cukur bulu dengan pencukur elektrik
5. Bersihkan krim dan bulu-bulu yang menempel, kemudian oleskan lagi krim untuk menjaga kelembaban
source: http://www.wikihow.com/Keep-a-Woman's-Underarms-Hairfree

2. Pakai depilatory cream

Penyebab kulit ketiak yang kasar adalah gesekan pisau cukur pada ketiak yang dapat menyebabkan iritasi. Untuk itu disarankan menggunakan depilatory cream yang dapat membuat bulu ketiak rontok dengan sendirinya. Selain itu, cara ini juga tidak sakit tapi dapat menimbulkan iritasi untuk sebagian orang jadi berhati-hatilah.

3. Hilangkan bulu dengan laser

Mungkin ini adalah cara yang tidak membebani kulit ketiakmu, tapi membebani dompetmu. Walaupun begitu, salon dan klinik kecantikan biasanya tahu cara terbaik menghilangkan bulu ketiak tanpa membuatnya menjadi hitam. Mungkin bisa sekali-sekali dicoba?

Memutihkan ketiak berdasarkan penyebabnya

Untuk ketiak hitam dan kasar:
1. Jangan pernah mencabut bulu ketiak
Mencabut dan mencukur bulu ketiak dengan tidak benar adalah penyebab dari permasalahan Minasan jadi tanamkan hal ini pada kepala Minasan dan jangan pernah lakukan hal ini lagi!
2. Scrub ketiak
Minasan bisa menggunakan body scrub atau scrub khusus ketiak yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengangkat kotoran.
source: http://www.savynaturalista.com/2013/06/12/pretty-in-pink-body-scrub-homemade/
3. Gunakan cleansing oil
Kalau kotoran yang tersumbat adalah penyebab kulit ketiak menjadi kasar berarti Minasan bisa membersihkan kulit ketiak seperti membersihkan makeup, yaitu dengan menggunakan cleansing oil yang dapat mengangkat kotoran hingga ke pori-pori.
source: http://www.slunecnice-cb.cz/slunecnice-cb/8-OLEJE-YOUNG-LIVING/165-CO-JE-ESENCIALNI-OLEJ
Untuk ketiak hitam dan kusam:
1. Jaga kelembaban ketiak
Oleskan body lotion, krim pelembab atau lotion oil lainnya yang dapat menjaga kelembaban kulit ketiak setiap selesai mandi. Ini juga merupakan salah satu cara mengurangi gesekan yang terjadi pada kulit ketiak.
source: http://itsapolka.com/
2. Gunakan produk pemutih
Produk kosmetik yang bisa mencerahkan warna kulit juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak. Gunakan produk perawatan kulit wajah pada ketiak setiap pagi dan malam.
3. Peeling
Krim untuk peeling dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pembaruan kulit. Tapi karena kulit ketiak cenderung sensitif, perhatikan dosis penggunaannya agar tidak menyebabkan iritasi.
Cari tahu penyebabnya, atasi dan cerahkan kembali ketiak Minasan. Semoga berhasil ya!