Ladies, setuju tidak kalau kita sebut jerawat adalah masalah paling sering muncul di wajah sekaligus paling menyebalkan? Sebagian orang bahkan memiliki karakter kulit yang sangat mudah berjerawat. Penyebab dan jenis jerawat juga bermacam-macam dari yang biasa saja hingga yang menyakitkan. Begitu juga dengan cara mengatasi jerawat. Cara mengatasi jerawat juga ada banyak sekali nih, ladies. Cara yang diambil juga harus menyesuaikan penyebab dan juga karakter kulitmu, lho!

source: http://www.thecentrefordermatology.com/

Penyebab Jerawat
Sebelum kamu memilih antara salep dan obat minum untuk jerawat, ketahui dulu yuk penyebab jerawat secara umum :
1. Tidak bisa menjaga kebersihan wajah. Polusi, debu, dan juga sisa make up yang tidak bersih sangatlah mungkin untuk mengunang bakteri penyebab jerawat lho, ladies. So, pastikan kamu membersihkan wajah secara rutin ya!
2. Faktor hormonal. Penyebab jerawat selanjutnya adalah karena pengaruh hormon. Kelebihan hormon testosteron dalam tubuh bisa menyebabkan produksi minyak berlebih yang memicu tumbuhnya jerawat.
3. Faktor genetik. Jika penyebab jerawatmu adalah faktor genetik atau keturunan, maka kamu harus benar-benar menjaga kulitmu. Faktor genetik tidak selalu membuatmu terus berjerawat, tapi umumnya membuatmu memiliki kulit yang cenderung mudah berjerawat.
4. Faktor stres. Beberapa orang juga mengalami jerawatan akibat stres. Cara paling mudah mengobatinya adalah dengan mengobati stresmu terlebih dulu.

baca juga

Obat minum VS Salep, Mana yang lebih ampuh?
Dari sekian banyak cara menghilangkan jerawat, dua diantaranya yang dianggap paling ampuh dan praktis adalah dengan salep atau obat minum. Baik obat minum maupun salep sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam. Pada dasarnya, obat minum untuk jerawat memiliki efek yang lebih terasa karena bekerja dari dalam. Namun, hal ini juga tidak selalu efektif. obat minum untuk jerawat lebih cocok untuk dimimun untuk jerawat yang penyebabnya dari dalam juga seperti faktor hormonal. 

Jika penyebab jerawatnya adalah faktor lainnya yang berasal dari eksternal, maka penggunaan salep akan lebih efektif. Apapun metode yang dipilih, tentu saja sama-sama dibarengi dengan usaha untuk menjaga kebersihan wajah dan juga pola hidup yang lebih sehat. Jika jarawat yang kamu alami cukup parah, kamu bisa menggunakan kedua-duanya, tapi konsultasikan pada ahlinya terlebih dulu ya, ladies!

source: https://www.mykapuskasingnow.com/
source: https://intothegloss.com/
baca juga

Hal lain yang harus diperhatikan sebelum memilih salep atau obat minum untuk jerawat!
Salep dan obat minum untuk jerawat memiliki kelebihan dan kekuranngannya masing-masing, setiap produk juga memungkinkan reaksi yang berbeda pada orang yang berbeda. Tapi, ada beberapa hal yang secara umum harus kamu perhatikan. Pertama adalah pikirkan adanya indikasi alergi.
Jika kamu memiliki alergi obat, tentu saja kamu tidak bisa memilih obat minum sebagai solusi untuk jerawat kamu. Sedangkan untuk salep, kamu harus perhatikan bahan apa saja yang terkandung dalam salep agar kamu terhindar dari pemakaian produk yang mengandung bahan yang mungkin memicu alergi kulitmu. Selain itu, baik obat minum maupun salep, kamu lebih baik memilih yang kandungannya alami dan pastikan sudah lulus uji BPOM ya, ladies!

source: http://obatsakitdalam.blogspot.co.id/