Lulus dari bangku perkuliahan rasanya seperti memasuki dunia baru. Kamu tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa, tidak capek lagi begadang demi ujian dan tugas, tidak perlu ke kampus senin sampai jumat di waktu yang sama, dan tidak lagi meminta uang dari orang tua. Kini, kamu akan lebih mandiri dan bekerja untuk menghasilkan uang sendiri. Selama prosesnya, suka duka berikut ini pasti deh dilalui oleh para fresh graduate.


Ekspektasi: Mendapat kerja hanya dengan 1 kali wawancara. Gampang!
Realita: Mengirim puluhan lamaran, mengikuti belasan wawancara, baru akhirnya keterima di satu perusahaan.


Memasuki bursa kerja, sainganmu bukan hanya puluhan melainkan ribuan fresh graduate lain yang mengincar pekerjaan juga. Tidak perlu kecewa jika kamu ditolak dalam wawancara pertamamu. Bahkan ada penelitian yang menemukan bahwa rata-rata pencari kerja akan mengalami penolakan sebanyak 15 kali sebelum mendapatkan posisi kerja yang diinginkannya. Sambil menunggu mendapatkan pekerjaan tetap, kamu bisa lho mencari pekerjaan part-time dan freelance untuk menambah uang jajan. Nikmati saja prosesnya, dan jangan putus asa ya!

source: https://www.ihrnet.com


Ekspektasi: Gaji 15 juta, langsung bisa mencicil mobil sendiri
Realita: Gaji cukup untuk menabung dan biaya hang out. Beli mobil? Nanti dulu deh!


Kamu memang sudah mendapatkan gelar sarjana dan siap untuk bekerja, tapi jangan harap gajimu langsung setara dengan karyawan kelas menengah ya! Sebelum bekerja, pastikan kamu mencari tahu posisi dan standar gaji fresh graduate di kotamu. Tidak perlu buru-buru ingin membeli rumah ataupun mobil jika uangmu belum cukup. Ingat, kamu masih punya banyak waktu untuk itu. Daripada sedih karena gaji belum cukup untuk membeli mobil, sekarang mending pakai waktunya untuk tambah pengalaman dan menignkatkan skill ya.

source: https://www.pexels.com
baca juga


Ekspektasi: Sudah lulus, tidak perlu belajar lagi deh!
Realita: Kamu akan belajar setiap hari melalui setiap pekerjaan yang kamu selesaikan di kantor.


Sudah bukan mahasiswa bukan berarti kamu akan lepas dari proses belajar. Justru, setelah lulus dan bekerja, kamu diharapkan bisa belajar sendiri dan mengasah kemampuanmu agar bisa memberikan nilai jual yang lebih tinggi. Kamu juga bisa mempertimbangkan mengikuti kursus tertentu agar menguasai ilmu baru.

source: https://www.pexels.com


Ekspektasi: Bekerja itu gampang, kan sudah ada ilmu 4 tahun dari kampus!
Realita: Bingung dan harus belajar dengan rekan kerja lagi karena pekerjaan berbeda dengan pelajaran di kampus.


Teori yang diajarkan semasa kuliah hanya berkontribusi sedikit dalam pekerjaanmu sesungguhnya, itupun kalau pekerjaanmu sesuai dengan jurusan selama di kampus! Kamu tidak perlu khawatir jika belum bisa 100% menguasai pekerjaanmu. Kuncinya, jangan sombong dulu agar kamu terbuka terhadap kritik, sara, serta pembelajaran baru yang bisa kamu dapatkan di kantor.

source: https://www.pexels.com
baca juga

 

Gimana nih para fresh graduate? Sudahkah kamu mendapat pekerjaan impian? Sharing ceritamu yuk!