Nasi

Karbohidrat yang hanya dapat dicerna sebagian oleh sistem pencernaan berpotensi dapat menimbulkan perut kembung. Jadi pilihlah sumber karbohidrat yang dapat dicerna secara penuh oleh usus halus seperti nasi.
source: http://ceritaperut.com/blog/2015/02/konsumsi-nasi-putih-berlebih-picu-kanker
Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.
source: http://klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/6-makanan-pencegah-perut-kembung

Air Hangat

Jika kamu merasakan tanda-tanda perut kembung seperti mual dan begah, coba minum air hangat untuk membantu mengurangi gas dalam lambung.
source: http://theangel.info/alasan-mengapa-penting-minum-air-hangat-di-pagi-hari/

Pisang

Kandungan kalium atau potasium dalam pisang bisa mengurangi kadar sodium yang terkandung dalam garam yang memicu perut kembung. Kalium berfungsi menjaga keseimbangan air dalam percernaan sehingga dapat mencegah kembung.
source: http://makassar.tribunnews.com/2015/04/07/pisang-bikin-tubuh-anda-langsing-dan-cantik-begini-cara-makannya
Pisang merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak potasium. Potasium sangat berguna mengurangi tingkat sodium dan menyeimbangkannya dalam proses pencernaan. Menjaga keseimbangan tingkat potasium dan sodium sangat penting untuk mencegah perut kembung.
source: http://www.merdeka.com/sehat/perut-kembung-konsumsi-5-makanan-ini.html

Yogurt

Bakteri baik seperti lactobacillus dan bifidobacterium yang terkandung dalam yogurt sangat baik dalam menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan terhindar dari perut kembung. Pilih yogurt plain tanpa rasa yang tidak mengandung lemak.
source: http://medicaldice.com/nutrition-facts-about-yogurt/
Yogurt tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi, tetapi mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam perut. Bakteri ini bertanggung jawab untuk pengurangan kelebihan gas yang terakumulasi dalam organ dari waktu ke waktu.
source: http://shine-kisahdalamkanvasku.blogspot.com/2013/06/13-jenis-makanan-sehat-sekaligus.html

Peppermint Tea

Peppermint dipercaya dapat melegakan dan menenangkan kontraksi yang terjadi dalam sistem pencernaan. Minum teh herbal hangat dengan tambahan daun mint bisa jadi alternatif yang efektif untuk mengurangi perut kembung.
source: http://www.rahasiasehat.com/food-beverages/3433.healthy-drink
Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur ‘anti-nyeri’ di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.
source: http://klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/6-makanan-pencegah-perut-kembung

Timun

Jenis sayuran yang mengandung banyak air dan rendah serat ini dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan mencegah kembung.
source: http://www.popsugar.com/beauty/Cucumber-Tea-DIY-Eye-Depuffing-Mask-5515487
Saat perut anda terasa kembung anda bisa juga mengkonsumsi mentimun karena selain mengandung banyak air selain bisa juga untuk mengurangi lemak dalam tubuh serta bermanfaat untuk mencegah perut kembung.
source: http://sehatalami99.blogspot.com/2014/08/perut-kembung-cobalah-makanan-ini.html

Pepaya

Zat papain yang terkandung dalam pepaya membuat buah ini efektif menjadi laxative. Kandungan papain ini membantu memperlancar sistem pencernaan dengan membantu gerak usus sehingga dapat mengurangi perut kembung.
source: http://infokesehatantubuh.com/cara-merawat-wajah-secara-alami-menggunakan-buah-pepaya/
Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative.
source: http://klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/6-makanan-pencegah-perut-kembung